Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » DPRD Sulut

TKI Sulut Harus Dibekali Pelatihan Hukum

Staff Manado Today   |   21 Juni 2011 – 23:26 WITA

Manado Today – Kebijakan Pemprov Sulut mengirimkan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) keluar negeri, sebaiknya harus dibekali dulu dengan beberapa pengetahuan dan pelatihan bidang hukum, guna menghindari dampak kriminal dialami TKI/TKW asal Sulut di luar negeri. Hal itu dikatakan Ketua Komisi IV DPRD Sulut, Prof Jopie Paruntu.

Menurutnya, Sulut harus belajar dari kasus Ruyati yang dihukum pacung di Arab Saudi, karena lemahnya pengetahuan hukum para TKI/TKW di negara tujuan mereka bekerja.

“Kami tahu TKI asal Sulut juga banyak dikirim keluar negeri, seperti Cina, Korsel, Jepang, Eropa dan sebagainya. Untuk itu harus diberi pelatihan,” kata Paruntu, Selasa (21/6/2011).

Ia menambahkan, para calon TKI/TKW sering mengabaikan BLK karena memang minimnya tuntunan dari Pemprov untuk mensosialisasikan dan memberdayakan tempat itu. DPRD juga meminta kepada perusahaan-perusahaan pengiriman jasa tenaga kerja, agar selalu memenuhi semua standar yang dimintakan pemerintah, serta memperhatikan semua dokumen terkait pengiriman TKI.

Sementara itu, menurut Benny Ramdhani, kasus Ruyati bisa menjadi pembelajaran bagi calon TKI/TKW asal Sulut, agar berhati-hati melakukan kerja di luar negeri. Tidak sedikit juga warga Sulut yang sudah bekerja sebagai TKI maupun TKW di luar negeri. Mungkin belum juga terdata yang bekerja di Arab Saudi, tapi harus menjaga nama baik Indonesia di negara tujuan.

Sementara itu DPRD Sulut menyatakan prihatin atas kasus Ruyati di Arab Saudi yang harus dipacung karena dituduhkan membunuh, dan menjadi catatan buruk lagi TKI/TKW yang ada di luar negeri.

“Seharusnya Ruyati tidak alami seperti ini, kalau saja diplomasi antar Indonesia-Arab Saudi terjalin bagus. kami harapkan ini juga tidak terulang lagi ke TKI/TKW lainnya,” pungkasnya. (ann/ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading