Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Selatan

Tokmas Amurang Desak Polres dan DPRD Minsel Bertindak Terhadap PETI

David Masengi   |   15 Agustus 2012 – 11:44 WITA
Tromol

Tromol yang ada di Desa Picuan Lama

AMURANG, (manadotoday.com) – Masih adanya Pertambangan Emas Tanpa Ijin (PETI) di kawasan Picuan Lama Kecamatan Motoling Timur, sejumlah tokoh masyarakat  Minahasa Selatan (Minsel) khususnya Amurang meminta pihak kepolisian segera bertindak mengamankan para penambang liar ini.

“Kami minta pihak kepolisian jangan hanya diam terhadap PETI di Picuan lama, sebelum bahaya dampak kegiatan PETI dirasakan warga Amurang,” Ujar Welem Mononimbar dan Johanis Isak.

Tak hanya itu mereka juga mendesak agar pihak DPRD Minsel, mengambil langkah antisipasi atau solusi terhadap PETI dengan mengadakan hearing dengan instansi terkait, sebab imbas dari kegiatan penambang liar dikawatirkan akan berdampak buruk bagi lingkungan apalagi aspirasi lewat media, sudah sering disampaikan namun tidak ada tindakan kongkrit dari Pemkab maupun pihak Kepolisian untuk melakukan penertiban.

“Warga Amurang saat ini khawatir mengkomsumsi air PDAM, karena airnya diambil dari sungai Ranoyapo. Sebab PETI di Picuan membahayakan warga, karena mereka menggunakan Mercury, yang limbahnya sering dibuang di sungai Ranoyapo. Dan ini sangat berpengaruh pada dampak lingkungan,” ujar mereka lagi.

Sementara itu Rommy Pondaag Ketua Komisi II DPRD Minsel saat dikonfirmasi manadotoday mengatakan, pihaknya akan menindaklanjuti keluhan warga.

“Hal tersebut akan kami tindaklanjuti, sebab kami juga sudah banyak laporan semakin maraknya kegiatan PETI di Picuan,” tukasnya.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading