Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Tomohon Masuk Kategori Daerah Rawan Bencana

Redaksi Manado Today   |   13 April 2011 – 09:07 WITA

Tomohon Today—Pelaksana Tugas (Plt) Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak mengungkapkan, Kota Tomohon termasuk dalam daerah rawan bencana. Selain diapit dua gunung api aktif yakni Lokon dan Mahawu, letaknya dan struktur tanahnya juga sangat memungkinkan untuk terjadi longsor.

‘’Ini perlu kesiagaan dan kesigapan dari masyarakat maupun pemerintah. Oleh sebab itu, harus harus ada wadah yang bertugas mencegah dan menanggulangi bencana di Kota Tomohon,’’ kata Eman saat melantik danb meluncurkan Gugus Tugas Siaga Bencana (Gugasgana) di Aula Happy Lyste Selasa (12/4).
Selain pelantikan dan peluncuran Gugasgana, dilakukan juga penandatanganan dan launching Standar Operasi dan Prosedur (SOP) penyelenggaraan komando tanggap darurat letusan Gunung Lokon dan Mahawu, pelantikan dan launching Tim Reaksi Cepat (TRC) kota, pencanangan kecamatan dan kelurahan siaga bencana.
Juga dilakukan launching nomor Posko Siaga Bencana 0431-355-309 dan sms /call center 085341674588 serta penyebarluasan informasi potensi bencana.
Dikatakan Eman, penanggulangan bencana merupakan tanggung jawab pemerintah dan masyarakat. ‘’Jika kita melihat ke belakang, dalam sepuluh tahun terakhir ini, memang banyak sekali terjadi bencana. Untuk Tomohon, potensi bencana memang snagat besar. Apalagi memiliki Gunung Lokon yang merupakan gunung api teraktif saat ini. Untuk itu, perlu ada sosialisasi agar tidak gagap bencana,’’ katanya. Sementara Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tomohon Ir Royke Ambrosius Roeroe mengatakan, pihaknya memang telah membentuk beberapa pos seperti Pos Pemadam Kebakaran dan lainnya di kompleks Terminal Tomohon serta menyiagakan personil tanggap bencana.
‘’Kami siap dengan personil dan peralatan jika terjadi bencana sewaktu-waktu. Bantuan masyarakat juga sangat kami harapkan,’’ tukas Roeroe. Acara pelantikan dan sosialisasi bencana tersebut turut dihadiri Plt Sekkot Drs Arnold Poli SH MAP, Kapolres, Kajari, serta pejabat di jajaran Pemkot Tomohon. (ark) 
Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading