Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Tomohon Miliki 19 Cagar Budaya yang Harus Dilestarikan

Ardi Kalumata   |   19 Juni 2012 – 15:32 WITA
I Wayan

I Wayan Muliarsa

TOMOHON (manadotoday.com)—Kota Tomohon merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara yang memiliki Cagar budaya yang telah berusia ribuan tahun. Cagar Budaya yang ada di Kota Tomohon sendiri menurut I Wayan Muliarsa, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Utara dan Gorontalo, saat ini berjumlah 19.

‘’Yang menjadi andalan di Kota Tomohon adalah Waruga yang telah berusia ribuan tahun. Ini bukti bahwa Tomohon telah dihuni oleh manusia sejak ribuan tahun silam. Dan, itu harus dilestarikan,’’ ungkap I Wayan Muliarsa kepada wartawan di sela-sela sosialisasi Undang-undang Nomor 11 Tahun 2010 tentang Cagar Budaya di Aula Happy Lyste Selasa (19/6).

Penetapan Cagar Budaya tersebut katanya, melalui penilaian oleh tim ahli di kabupaten/kota, kemudian ke tingkat provinsi dan selanjutnya ke nasional dan ditetapkan sebagai Cagar Budaya Nasional.

‘’Kami salut dengan pemerintah yang sangat peduli dengan cagar budaya yang ada di sleuruh Indonesia,’’ tukas Muliarsa didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata  Kota Tomohon Drs Gerardus H Mogi.

Selain waruga, Cagar Budaya yang ada di Kota Tomohon adalah bangunan Gereja yang sudah tua.  (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading