Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Selatan

Total Hutang Pemkab Minsel Masih Sipang Siur

David Masengi   |   30 Januari 2012 – 20:36 WITA
Kantor Bupati Minsel

Total hutang Pemkab Minahasa Selatan masih simpang siur (Foto: Kantor Bupati Minsel yang sementara di renovasi)

Amurang, (manadotoday.com) – Pernyataan bebeda dari Plt Asisten II, bidang Perekonomian dan Pembangunan Ir Farry Liwe Msi dan Plt Asisten III James Tombokan SE terkait hutang Pemerintah Kabupaten Minahasa Selatan kepada pihak ketiga, jelas saja membingungkan masyarakat.
Pasalnya, dengan pernyataan berbeda dari kedua Asisten tersebut memberikan sinyal total hutang Pemkab Minsel masih simpang siur.
Menurut Liwe, total utang yang harus ditanggung oleh Pemkab Minsel Rp 106 miliar. Kesimpulan ini didasari pada laporan BPK dan telah dibenarkan oleh provinsi.
“Saya tidak asal bunyi karena memiliki dasar laporan dari BPK. Dan angka ini terdiri dari utang ke pihak ketiga kurang lebih Rp 48 miliar dan sisanya berupa kewajiban lain. Antara lain berupa sertifikasi guru, pajak dan bantuan kepada Mitra sebagai daerah pemekaran,” jelasnya kepada manadotoday Senin (30/01/2012).
Sementara itu, Tombokan menyebutkan, sisa utang yang masih harus dibayar hanya Rp 48 miliar untuk kewajiban ke pihak ketiga. Sedangkan sertifikasi tidak dapat disebut sebagai hutan, karena dananya memang belum masuk.
“Kalaupun sertifikasi buat guru-guru dikategorikan hutang, itu berarti hutang pemerintah pusat bukan Pemkab Minsel,”ujarnya.
Lanjut dikakatannya, bantuan ke Mitra tidak dapat diberikan karena masih ada persyaratan tidak dipenuhi.
“Pajak telah dibayarkan tahun lalu, jadi totalnya Rp 48 miliar,” tandasnya.
Namun keduanya sepakat bahwa seluruh kewajiban Pemkab sudah dapat dilunasi paling lambat tahun depan. Sehingga di tahun ketiga masa kepemimpinan Bupati Christiany Paruntu sudah tidak ada utang lagi. Bahkan keduanya optimis keuangan sudah dapat berjalan normal setelah dilakukannya pembenahan keuangan. Demikian pula dengan upaya mendapatkan penilaian WTP dari BPK.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading