Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Toyota Land Cruiser Pemkot Manado Raib

Staff Manado Today   |   21 Agustus 2011 – 20:23 WITA

Eks Penjabat Manado Diminta Kembalikan Aset Milik Negara

Julises Ohlers

Kabag Aset Pemkot Manado : Julises Ohlers

Manado Today – Badan Aset Pemkot Manado tengah melakukan investaris aset milik Pemkot Manado, yang nantinya akan dimasukan dalam buku induk aset, serta menjadi acuan pemeriksanaan BPK RI mendatang, tampaknya akan menemui kendala.

Ini menyusul, keberadaan salah satu mobil dinas (Mobnas) yang sebelumnya dipergunakan mantan Walikota Manado, Jimmy Rimba Rogi Ssos, ketika masih aktif, dengan merek Land Cruiser, DB 1111 A, tahun 2002, kini entah dimana.

Padahal, menurut Kabag Aset Manado, Julises Oehlers SH, pelaksanaan sensus barang milik daerah (BMD) aset negara di lingkup Pemkot Manado, dilatarbelakangi oleh permasalahan administrasi dan inventarisasi BMD Pemkot Manado yang perlu ditata kembali. Apalagi lanjutnya, soal aset negara sangat mempengaruhi opini auditor terhadap laporan keuangan kepada Pemkot Manado.

“Intinya kita mengharapkan bisa mendapatkan data barang negara yang akurat dan akuntabel. Tapi bagimana bisa kedua hal tersebut bisa terwujud jika barangnya tidak bisa kami data karena berada bukan di Pemkot Manado. Dan memang bulan Agustus ini, pihak kami sedang melakukan pendataan semua aset baik berjalan dan tidak milik Pemkot Manado, untuk dimasukan dalam buku aset induk. Ini dilakukan sesuai dengan permintaan pihak BPK dan mengacuh pada aturan yang berlaku,” terang Oehlers.

Lanjut nya, setelah melakukan penelusuran mobnas mantan Pak Walikota Manado lalu, ternyata kendaraan tersebut kemungkinan besar dipegang mantan penjabat Walikota Manado. “Kita akan lakukan koordinasi, agar aset itu dikembalikan ke Pemkot Manado. Dan saya kita bisa dipahami oleh yang memeggang mobnas Pemkot itu. Apalagi Pemkot Manado saat ini seperti yang diharapkan Walikota dan Wakil Walikota tengah berupaya perbaiki pengelolaan keuangan serta aset untuk mendapatkan opini WTP,” jelas mantan Kabah Hukum dan Ham Manado ini.

Kabid Akuntabilita Perwakilan BPKP Provinsi Sulut Jhon Nasaputra Ak sebelummya pun menegaskan, lingkup audit aspek pengelolaan barang milik negara termasuk pada, perencanaan, kebutuhan, penganggaran, pengadaan, pemanfaatan, penghapusan, pemindahtanganan, pembinaan pengawasan dan pengendalian hingga pada pembiayaan tuntutan ganti rugi.

“Ini dimaksud agar pada pelaksanaan sensus barang negara itu sesuai dengan aturan yang berlaku,”kunci Nasaputra.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading