Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

TP-PKK Manado Gelar Penyuluhan Osteoporosis dan Menopause

Aldi Mawitjere   |   30 November 2011 – 20:52 WITA
Paula Runtuwene

Ketua TP PKK Manado : Prof Ir Paula Runtuwene MS DEA

Manado, MTC – Osteoporosis adalah keadaan dimana berkurangnya kepadatan tulang. Kehilangan massa tulang yang menyebabkan osteoporosis secara umum dimulai sekitar usia 40 tahun. Namun kejadiannya meningkat pada wanita pre menopause dan pasca menopause, kehilangan massa tulang semakin cepat.
Hal itu salah satu yang menjadi materi dalam penyuuluhan  osteoporosis dan menopause pada wanita yang dilangsungkan TP PKK Manado, Rabu (30/11/2011) di ruang serba guna Pemkot Manado.
Menjadi pembawa materi, Dr Toar Mambu akhir bedah urologi, Dr Julias Komala spesialis bedah orthopedi dan Dr Maria Taniowas Loho, spesialis obstetri ginekologi dan diikuti ibu-ibu bayangkari, Persit Candra Kirana, Dharma Wanita Manado, TP PKK Kecamatan dan perwakilan 87 kelurahan di Manado.
Dalam penyampaian materi, Dr Maria Taniowas Loho menyatakan, salah satu ancaman yang dihadapi oleh manusia menopause adalah terjadinya patah tulang karena osteoporosis.
“Penurunan hormon estrogen pada wanita menyebabkan penurunan aktifitas osteoblast dan peningkatan osteoclast sehingga mempercepat terjadinya osteoporosis. Ini disebut osteoporosis primer, sedangkan osteoporosis sekunder disebabkan oleh penyakit lain. Wanita baru menyadari terjadinya osteoporosis ketika sudah mengalaminya. Dan kebanyakan sadar akan ancamannya tersebut saat menopause telah tiba. Dengan perubahan produksi hormon pada wanita menyebabkan deposit kalsium dalam tulang terganggu. Sehingga diperlukan asupan kalsium yang cukup setiap harinya. Selain itu diperlukan juga sinar matahari dan vitamin D3, serta antioksidan seperti vitamin A, C, E dan selenium,”jelas Maria.
Oleh karena itu lanjutnya, wanita menopause selain memerlukan kecukupan asupan kalsium perlu mengkonsumsi antioksidan yang didapat pada makanan maupun minuman sehari-hari.
Sementara itu, Ketua TP PKK Manado, Prof Ir Paula Runtuwene MS DEA mengatakan, ilmu yang telah dipaparkan oleh pembawa materi ini tidak murah, tapi TP PKK berupaya melakukan ini secara gratis.
“Paling tidak bisa untuk kesehatan kita sendiri. Untuk itu saya harapkan agar bisa manfaatkan penyuluhan ini menjadi sesuatu yang berguna,”terang Runtuwene yang didampingi Sekretaris TP PKK Manado.(*/ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading