Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

TPA Open Dumping Tidak Lagi Diperkanankan Pemerintah Pusat

Redaksi Manado Today   |   23 Maret 2011 – 12:07 WITA

Manado Today – Manado kini sedang berupaya untuk melakukan proses pengolahan sampah dengan system sanitary dan control land fild atau cara penimbunan sampah padat suatu hamparan luas. Hal ini seiring dengan pemberlakukan undang-undang nomor 18 tahun 2008 tentang persampahan dan perda nomor 17 tahun 2006 tentang pengolahan sampah.

Pun demikian, saat ini Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di kota Manado masih secara terbuka (Open Dumping) sudah tidak diperkenankan pemerintah pusat. Jika hal ini masih ditemukan akan ada sangsi tegas bagi kepala daerah setempat berupa kurungan badan.

Menurut Walikota DR Ir GSV Lumentut SH MM MSI DEA, pihaknya kini sedang menuju ke system pengelolaan sanitary land field guna meminimalisir persoalan lingkungan, kesehatan, social dan keamanan.

“ Bagi daerah yang kedapatan masih mengunakan TPA terbuka, kepala daerahnya akan dikenai sangsi, “ ujar Lumentut.

Terpisah Sekkot Harold Monareh SH MSi, untuk mewujudkan hal ini perlu kesadaran yang tinggi dari masyarakat kota agar kota dapat kelihatan bersih dan indah. Pelak saja, pecan ini pemkot akan mempertegas kembali perda 7 tahun 2006.

“ Peran aktif masyarakat akan sangat berpengaru. Sebab, program pemerintah jika tidak didukung oleh masyarakat, tidak akan berarti apa-apa. Tindakan tegas ini akan kita berikan bagi pelangarnya,” tandas Monareh.

Lanjut dikatakan Monareh, perda ini telah ditetapkan sejak tahun 2006. Makanya Jumat (25/03/2011) lusa akan dipertegas kembali dengan melibatkan instansi teknis yakni Pol-PP, dinas kebersihan, badan lingkungan hidup serta aparat terkait yakni pengadilan dan kejaksaan. “ Kegiatan seremoninya, jumat ini di TKB dengan melibatkan muspida-plus, “ tambahnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading