Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

TPA Tara-tara Difungsikan Setelah Infrastruktur Jalan Selesai

Ardi Kalumata   |   7 Maret 2012 – 17:02 WITA
Tempat pengolahan sampah

Tempat pengolahan sampah di Tomohon akan segera dioperasikan

Tomohon, (manadotoday.com)—Menyusul diserahkannya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Tara-tara beserta satu unit alat berat Buldozer oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), dalam waktu dekat sudah akan difungsikan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Tata Ruang Pertamanan dan Persampahan (Tarumansa) Theo Paat SIP kepada wartawan Rabu (7/3).
Yang menjadi kendala dalam pengoperasian TPA tersebut kata Paat adalah infrastruktur jalan.
‘’Ya, insfrastruktur jalan selesai, langsung dioperasikan karena personilnya sudah lengkap,’’ ungkap Paat.
Untuk TPA Tara-tara kata Paat, dikomandani Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD). Strukturnya sudah ada. Selain Kepala UPTD ada juga Tata Usaha serta 4 kepala urusan, ditambah 96 tenaga lepas untuk pengangkutan dan pengaturan sampah.
TPA Tara-tara sendiri berfungsi untuk pemilahan dan pengolahan sampah organik. Sampah yang tak lagi digunakan ditimbun untuk meminimalisasi pencemaran serta bau tidak sedap.
Produksi sampah di Kota Tomohon sendiri perhari mencapai 130 hingga 150 meter kubik, berasal dari lima kecamatan yang ada di Kota Tomohon. Kecamatan penyumbang sampah terbesar adalah Tomohon Timur dan Tomohon Tengah, karena di Kecamatan Tomohon Timur ada pasar dan terminal dan pertokoan serta Tomohon Tengah ada pertokoan.
Dengan akan beroperasinya TPA Tara-tara tambah Paat, TPA Pangombian akan dikembalikan seperti semula dan akan digunakan untuk keperluan lainnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading