Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

TPA Tara-tara tak Miliki Kajian Lingkungan

Ardi Kalumata   |   11 April 2012 – 21:46 WITA

TOMOHON (manadotoday.com)—Mungkin karena milik pemerintah, Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) sampah di Tara-Tara Tomohon Barat ternyata tak memiliki dokumen lingkungan atau tak ada kajian lingkungan apakah itu Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) UKL/UPL.

TPA Tara-Tara Tomohon

TPA Tara Tara

Diketahui, Proyek provinsi yang diserahkan ke Pemkot Tomohon dan telah diresmikan pada Kamis (5/4) lalu oleh Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak tersebut akan menjadi tempat pemrosesan sampah yang dihasilkan dari Kota Tomohon.
Dengan demikian, TPA Tara-Tara telah melanggar Peraturan Gubernur Sulut Nomor 42/2010 tentang Penetapan Jenis Rencana Usaha dan /atau Kegiatan yang Wajib Dilengkapi dengan Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup (UKL) Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UPL).
Menanggapi masalah ini, Koordinator Envinronment parliament Watch (EPW) Kota Tomohon Judie J Turambi SH mengatakan, ini sangat memalukan. ‘’Pemerintah yang selalu meminta agar masyarakat taat hukum dan aturan yang berlaku, justru pemerintah yang tak mematuhi aturan,’’ ketus Turambi.
Menurutnya, kalau mau mengoperasikan TPA, harus ada kajian lingkungan. Jangan terbalik, operasional dulu baru kajian lingkungan. ‘’Ini bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan hidup,’’ tandas Turambi.
Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Tomohon Ir Nova Rompas MSi mengaku jika TPA Tara-Tara tidak memiliki kajian lingkungan berupa UKL/UPL atau Amdal. ‘’Untuk pengurusan UKL/UPL, harus melalui kami. Dan, hingga saat ini tak pernah ada pengurusan seperti itu di BLH. Begitu juga kalau Amdal. Kami yang akan melakukan penilaian. Namun, hingga saat ini belum pernah melakukan penilaian untuk TPA Tara-Tara,’’ jelas Rompas.
Namun menurutnya, tahun 2012 ini, kajian lingkungan untuk TPA Tara-Tara sudah akan diselesaikan. ‘’Ya, akan diupayakan untuk selesai tahun ini,’’ tukasnya. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading