Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Tujuh Tokoh Penerima Gelar Adat Diparipurnakan

Redaksi Manado Today   |   30 Januari 2012 – 21:18 WITA

Tahuna, (manadotoday.com) – DPRD Kabupaten Kepulauan Sangihe akhirnya mengesahkan tujuh tokoh  yang akan menerima gelar adat pada upacara adat Tulude yang akan dilaksanakan pada tanggal 31 Januari 2012 di Kecamatan Tamako.
Pengesahan terhadap tujuh tokoh penerima gelar adat tersebut melalui Rapat Paripurna DRPD yang digelar di ruang sidang DPRD Sangihe, Jumat (27/1/2012) malam lalu dipimpin langsung Ketua Dewan Sangihe, Tonao Petrus Jangkobus.Bupati Kepulauan Sangihe, Drs HR Makagansa MSi dalam sambutannya memberikan apresiasi terhadap pimpinan dan seluruh anggota DPRD karena telah melakukan pembahasan sekaligus mengesahkan tujuh nama tokoh yang akan menerima gelar adat Tulude.
”Tujuan utama dari pemberian gelar adat itu merupakan bagian dari program pemerintah daerah demi terwujudnya Sangihe sebagai Kabupaten Bahari yang sejahtera dan bermartabat,” ujar Bupati. Disisi lain, Ketua Dewan Adat Sangihe, Drs OK Makagansa MSc, ditemui terpisah menyatakan jika ketujuh nama yang akan dikukuhkan dengan gelarnya masing – masing, Menteri Koperasi dan UKM, DR Sjarifudin Hassan MM MBA akan diberi gelar adat Banuang Lahiwoi Nusa, artinya Kemampuan dalam memberikan pelayanan. DR Ir Dey H Sutisna MSC, Direktur Jendral Perikanan Tangkap DKP gelar adat yang akan diberikan Hesong Kamansilang Malintoi U Wadoa, artinya, seorang Pemimpin yang lincah, cakap, pintar dan ulet. DR Djouhari Kansil MPd Wakil Gubernur Sulut, diberikan gelar adat, Metia Lambung Mepudu Nusa artinya pemimpin yang menjadi harapan bangsa Sangihe.
Anggota DPD RI, Arianti Baramuli Putri akan diberikan gelar adat, Diamanti Liung Tulumang artinya seorang yang mempunyai perhatian sangat luar biasa. Anggota DPR-RI Olly Dodokambey SE akan diberikan gelar adat, Timuaheng Bulaeng Mamenongkati. Sedangkan Dra Yasti Seopredjo Mokoagow akan diberikan gelar adat, Dedale Menenoneng Kaeng Balerang artinya, pemimpin yang menyuarakan aspirasi rakyat Sangihe. Serta Vanda Sarundajang dengan gelar adat Tumbalu Waghiu Tatulende Ponto yang artinya, generasi muda harapan penerus perjuangan. Mantan Sekda Sangihe ini menambahkan, pengukuhan gelar adat kepada tujuh tokoh tersebut akan dilakukan oleh Bupati Sangihe selaku ketua adat Daerah Kepulauan Sangihe. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading