Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Tulude Rukun Sengkanaung Palu Dihadiri Gubernur Sulteng

Redaksi Manado Today   |   7 Februari 2012 – 18:56 WITA
Tulude di Merry Glow Kota Palu

Suasana perayaan adat Tulude di Merry Glow Kota Palu

Tahuna, (manadotoday.com) – Acara adat Tulude yang digelar Rukun Sengkanaung di Merry Glow Maesa Kota Palu, Senin (6/2/2012) tadi malam berlangsung semarak penuh kekeluargaan. Sekitar lima ribu warga Sangihe yang terhimpun dalam rukun Sengkanaung memenuhi ruangan tempat digelarnya hajatan adat Tulude tersebut.
Menariknya, Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) Drs Longki Djanggola MSi, bersama Wakil Ketua Deprov Sulteng Hendry Kawulur dan Wakil Walikota Kota Palu Palan Audy Mulraman turut hadir pada upacara adat Tulude tersebut.
Suasana hajatan tahunan itu menjadi semarak, ketika musik bambu asal Kampung Kauhir Kecamatan Manganitu dan group masamper melantunkan lagu-lagu dari Sangihe. Ketika tiba pada acara pato-pato, Gubernur Djanggola ikut berbaur mengikuti gerakan lagu yang dilantunkan group masamper dari Rukun Sengkanaung.
Gubernur Sulteng dalam sambutannya mengatakan, salut kepada warga Sangihe yang terhimpun dalam rukun Sengkanaung.
“Saya selaku Gubernur Sulteng sangat memberi apresiasi atas pelaksanaan acara Tulude. Ternyata orang Sangihe yang menjadi warga saya di Sulteng ini sangat banyak. Saya juga salut terhadap pimpinan Rukun Sengkanaung yang mampu menyatukan warga Sangihe di Sulteng dalam sebuah kerukunan,” ujar Djanggola.
Dia bahkan mengaku salut, karena anggota Rukun Sengkanaung ini ternyata tidak hanya didominasi warga Sangihe, namun ada pula warga asal Pulau Jawa, Makasar dan Kota Palu yang menjadi anggota rukun Sengkanaung. Gubernur berharap upacara adat Tulude yang setiap awal tahun digelar itu akan lebih mempererat persatuan antar sesame umat yang ada di Sulteng.
Sementara itu, Wakil Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana SE ME dalam sambutannya menyampaikan terima kasih sekaligus apresiasi terhadap rukun Sengkanaung yang ada di Sulteng, terlebih kepada Gubernur Sulteng, Wakil ketua Deprov Sulteng serta Wakil Walikota Kota Palu yang bernenan hadir pada acara adat Tulude tersebut. Hadir pula dalam acara Tulude tersebut, ketua rukun Sengkanaung Sulteng, Max Welly Pulu, serta ketua DPRD Sangihe, Tonao P Jangkobus serta sesepuh rukun Sengkanaung, Recky Imanuel Wentinusa dan Edison Wentinusa. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading