Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Tunjang KEK, Pantai di Bitung Akan Direklamasi

Tonny Sumakul   |   28 Juli 2012 – 16:25 WITA

MANADO, (manadotoday.com) – Guna menunjang percepatan pembangunan di Kota Bitung setelah ditunjuk menjadi salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia, pantai di Kota Bitung akan dilakukan reklamasi.

“Ya, kami sudah melakukan pembahasan dengan Pemkot Bitung, dimana akan dilakukan reklamasi pantai di kawasan Tanjung Merah yang menjadi pusat pembangunan KEK di Bitung,” kata Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Sinyo Harry Sarundajang (SHS).

Menurutnya, dalam persiapan reklamasi pantai itu, pihaknya sudah menjelaskan kepada Pemkot Bitung, dimana Walikota Hanny Sondakh, segera mengajukan surat reklamasi pantai ke Gubernur, dan nantinya dari Gubernur akan memberikan rekomendasi ke Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan pihak terkait lainnya.

“Di kawasan pembangunan KEK itu, memang dinilai perlu dilakukan reklamasi. Sebab, ada pantai di kawasan tersebut, kedalamannya hanya satu meter. Jadi harus dilakukan reklamasi,” terang Sarundajang.

Kata dia, jika reklamasi tersebut jadi, akan ada sekitar 500 hektar untuk kawasan KEK, termasuk didalamnya pelabuhan dan kawasan industry.

“Dan dari informasi, di Tanjung Merah dan Girian, pantainya tinggal satu meter kedalamannya. Jadi, bisa saja reklamasi itu dilakukan untuk 100 hingga 200 meter ke laut, agar lahan untuk pembangunan KEK itu lebih,” jelasnya, seraya menambahkan tentunya rencana reklamasi itu setelah diusulkan ke Mendagri, akan ada tim yang datang untuk melakukan survey.

“Kalau sudah diusulkan reklamasi itu, akan ada tim pusat terpadu dari beberapa Departemen, untuk meninjau lokasi,” lanjutnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading