Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Turambi Kembali Pertanyakan Penanganan Linow

Ardi Kalumata   |   15 Februari 2012 – 22:03 WITA
Koordinator EPW Tomohon

Koordinator EPW Tomohon, Judie J Turambi SH

Tomohon, (manadotoday.com)—Masih beroperasinya usaha di kompleks Danau Linow kendati belum mengantongi izin kembali dipertanyakan aktifis lingkungan Judie J Turambi SH.
Menurut Koordinator Environment Parliament Watch (EPW) Tomohon ini, Pemkot Tomohon harus bertindak. Jika tidak, wibawa pemerintah akan terus diijak-injak oleh pengusaha yang tak tahu aturan tersebut.
‘’Sudah tahu tak mengantongi izin, Pemkot Tomohon tidak menindak pengusaha tersebut. Kenapa kalau pengusaha kecil langsung ditindak. Ada apa ini,’’ ketus Turambi.
Selain di Danau Linow, Turambi juga mempertanyakan izin di Bukit Doa Kakaskasen yang juga milik dari pengusaha yang sama. Sebab menurutnya, lokasi Bukit Doa itu juga tidak mengantongi izin.
‘’Ini merupakan kejahatan lingkungan. Merubah lingkungan tanpa mengantongi dokumen lingkungan bisa dijerat dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup,’’ tegas Turambi.
Dalam Pasal 109 UU Nomor 32 tahun 2009, tertulis, setiap orang yang melakukan usaha dan/atau kegiatan tanpa memiliki izin lingkungan sebagaimana dalam pasla 326 ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) tahun dan paling lama 3 (tiga) tahun dan denda paling sedikit Rp 1.000.000.000.00 (satu miliar rupiah) dan paling banyak Rp 3.000.000.000.00 (tiga miliar rupiah).
Pemkot Tomohon melalui Sekretaris Kota (Sekkot) Drs Arnold Poli SH MAP beberapa waktu lalu menyatakan akan action di Bukit Doa karena tak mengantongi izin. Hanya saja hingga saat ini tak ada yang dilakukan dan terus membiarkan pengusaha menarik biaya kendati tak ada izin usaha maupun izin lainnya seperti izin lingkungan. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading