Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Bitung, Headline, Hukum dan Kriminal

Ugal-ugalan Dominasi Angka Kecelakaan di Kota Bitung

Aldy Monareh   |   2 November 2011 – 08:53 WITA

Januari-September, Tujuh Nyawa Melayang

Bitung, MTC – Salah satu faktor penyebab tingginya angka kecelakaan di Kota Bitung ternyata adalah ulah pengemudi yang ugal-ugalan atau ngebut. Sedangkan peringkat kedua dikarenakan oleh pengendara telah mengkonsumsi minuman keras (miras). Hal ini diungkapkan oleh Kapolres Bitung AKBP Satake Bayu, melalui Kasatlantas Polres Bitung AKP A Djafar.

Kasatlantas Polres Bitung

Kasatlantas Polres Bitung AKP A Djafar

”Mengemudikan kendaraan dengan kecepatan tinggi adalah penyebab kecelakaan tertinggi di Kota Bitung,” terang Djafar.

Dari data yang dirangkum manadotoday, kecelakaan yang terjadi di Kota Bitung, bulan Januari – September 2011, kecelakaan yang disebabkan oleh lari dengan kecepatan tinggi 67 Kasus, akibat Miras dan lain-lain 35 Kasus.

“Dari kasus tersebut tujuh orang diantaranya meninggal dunia dengan asumsi setiap bulannya satu orang meninggal akibat lakalantas, 86 orang luka berat serta 143 luka ringan dengan kerugian materil mencapai Rp 353 juta. Korban lakalantas umumnya didominasi oleh mereka yang berusia 16-25 tahun yakni 64 kasus. Sementara usia 26-35 yang umumnya tukang ojek 50 kasus,” ujar Djafar.

Berkaca dari tingginya angka kasus lakalantas di Kota Bitung, dikatakan Djafar bahwa pihaknya akan optimal melakukan sosialisasi berkendara yang benar serta melakukan operasi cipta kondisi disiplin kendaraan bermotor.

”Akan dilakukan hunting mobile operasi, dimana operasi dilakukan tidak menggantung papan operasi seperti yang biasa dilakukan. Karena banyak pengendara yang tidak memenuhi syarat, terhindar dari operasi tersebut dan tidak bisa ditindak, karena satu pengendara dengan pengendara lain sudah saling memberitahukan jika sedang dilakukan operasi,” jelasnya.

Dia pun menambahkan agar setiap pengendara melengkapi kendaraannya dengan surat-surat, serta kelengkapan penunjang lainnya seperti Helm standart, spion, lampu, serta plat nomor dengan tidak menggunakan knalpot racing. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading