Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Nusa Utara

Ulat “Tentara” di Sangihe Kini Mulai Serang Pohon Kelapa

Redaksi Manado Today   |   4 Juni 2012 – 23:12 WITA

TAHUNA (manadotoday.com) – Setelah menyerang pohon kayu nantu, jutaan ekor ulat tentara mulai menyerang daun pohon kelapa dan tanaman lainya milik warga Kampung Mala Kecamatan Tabukan Utara.

Fenomena tersebut semakin membuat warga setempat kian resah. Pasalnya hingga saat ini, belum ada penanganan yang dilakukan pihak Dinas Pertanian Peternakan Perkebunan dan Kehutanan (DP3K) Sangihe, selaku instansi teknis.

Menurut Hendrik Malensena, warga setempat, mereka sudah telah upaya pembasmian ulat tentara tersebut dengan melakukan pembakaran. Namun upaya tersebut hanya sia-sia, sebab meski mereka telah membunuh ribuan ekor pada hari itu, namun keesokan harinya, jumlahnya justeru bertambah lebih banyak lagi, sedangkan pohon nantu yang sudah gundul jumlahnya diperkirakan mencapai 117 pohon.

“Saat ini, ulat tentara mulai menyerang daun pohon kepala dan pohon lainya. Selain itu, rumah warga juga dimasuki ulat yang dinilai misterius itu,” ujar Malensena, kepada manadotoday Senin (4/6/2012), seraya meminta kepada pemerintah daerah untuk melakukan penanganan secara serius dan berkelanjutan, agar populasi ulat tentara tidak berkembang biak lebih banyak. (nal)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

  • Sigit mengatakan:

    Minta tolong gambar/foto ulat tersebut untuk memudahkan identifikasi. Dengan identifikasi yang tepat akan lebih memudahkan dalam upaya pengendalian. Pengendalian ulat tentara menggunakan insektisida “tidak akan efektif” bila diaplikasikan pada larva tua (ulat yang sudah besar). Aplikasikan insektisida pada larva muda (ulat masih kecil).

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading