Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Unit Damkar Mitra akan Berdiri Sendiri

Staff Manado Today   |   15 April 2011 – 10:15 WITA

Ratahan Today – Penegasan pemerintah pusat soal unit Pemadam Kebakaran (Damkar) yang harus berdiri sendiri, mendapat respons dari Pemkab Minahasa Tenggara (Mitra). Bupati Mitra melalui Asisten Administrasi Umum Dra Feibe Rondonuwu MSi mengatakan, pihaknya sudah menerima surat dari pemerintah pusat soal Damkar tersebut.‘’Ya, dalam surat tersebut disebutkan bahwa unit Damkar harus berdiri sendiri. Saat ini, Damkar Mitra masih berada di bawah Badan Penanggulangan Bencana Daerah,’’ ujar Rondonuwu.

Penegasan agar Damkar berdiri sendiri tertuang dalam Permendagri Nomor 16 tahun 2009 tentang Standar Kualifikasi Aparatur Pemadam Kebakaran di Daerah. Unit kerja Damkar dikatakan dapat berupa dinas, badan ataupun kantor.

Hanya saja menurut Rondonuwu, pembentukan unit Damkar berdiri sendiri terkendala struktur OPD di Mitra yang menurutnya telah sesuai standar sebagaimana digariskan PP Nomor 41 tahun 2007 tentang OPD. “Kita menganut pola minimal dengan 13 Dinas, 8 Badan, 3 Kantor, 1 Sekretariat Korpri, 1 Sekretariat DPRD, serta 10 Bagian dan 3 Asisten di sekretariat daerah,” terangnya.

Karena itu, tambah Rondonuwu, pihaknya masih akan melakukan konsultasi persoalan ini ke pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Dalam Negeri. “Kita lihat sebentar seperti apa nantinya,” kunci pejabat yang murah senyum ini.(vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading