Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Usaha Rumah Makan di Manado Terancam Gulung Tikar

Aldi Mawitjere   |   27 November 2011 – 17:55 WITA

Pasca Kenaikan Harga Minyak Tanah
Manado, MTC – Sebagian besar rumah makan di Kota Manado, terpaksa menaikan harga tarif makanan sebesar 30 persen, akibat kelangkaan dan mahalnya minyak Tanah (MT). Hal ini menyusul rumah makan di Manado masih tergantung pada penggunaan kompor yang bahan bakarnya minyak tanah.
Ibu Norce, salah satu pemilik rumah makan di Manado mengatakan kelangkaan MT sangat berpengaruh terhadap proses masak-memasak. Akibat sulitnya untuk mendapatkan MT tersebut, pihaknya terpakasa menaikan tarif makanan 20 hingga 30 persen dari harga biasanya.
“Kenaikan tarif makanan ini, ditakutkan akan berpengaruh pada omset. Yang jelas kalau hal ini akan terus berlanjut, penutupan tempat usaha makanan menjadi pilihan menyakitkan,” akunya.
Senada dikatakan Jefry yang juga penjual lainnya, semua palaku usaha rumah makan baik besar maupun kecil yang masih tergantung pada MT pasti akan terpukul jika terus terjadi kerugian, karena dengan pembiayaan yang semakin membengkak.
“Kompor elpiji yang diberikan Pemerintah tidak mungkin digunakan dalam usaha, karena ukuran terlalu kecil, sementara untuk membeli kompor elpiji masih mahal,” terangnya.
Lanjut dikatakan Jefry, banyaknya rumah makan yang belum paham terhadap pengunaan elpiji, sehingga lebih memilih mengunakan kompor MT.
Dilain pihak, Hara salah satu pemilik pangkalan di Manado, menyatakan, menyusul penurunan pasokan MT dari pertamina pihaknya hanya bisa mengikuti perintah pemerintah membatasi pembeli, hanya 5 liter per keluarga.
“Pembatasan ini lebih pada, agar semua keluarga bisa mendapatkan. Karena harus diakui MT masih menjadi pilihan utama warga Manado,”tukasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading