Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Usulu : Januari Tahun 2012 Mulai Diberlakukan

Aldi Mawitjere   |   13 Desember 2011 – 21:03 WITA

Terkait Sosialisasi Perda No. 5 Tahun 2011
Manado, MTC – Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu, Drs Rum Usulu menyatakan sosialisasi Perda Nomor 5 Tahun 2011 dan sistem Penyelenggaraan Pelayanan Perijinan Terpadu Satu Pintu, Selasa (13/12/2011) di Hotel Grand Central, semata-mata untuk meningkatkan pelayanan Pemkot kepada masyarakat.
“Intinya sosialisasi dilakukan agar tersedianya pelayanan sederhana, cepat, akurat dan transparan untuk mendorong terciptanya iklim usaha yang kondusif serta mampu memberdayakan ekonomi kerakyatan di Kota Manado. Mengingat masih banyak pengusaha yang belum mengetahui perubahan perda ini. Tahun 2012 mendatang perda nomor 5 tahun 2011 ini mulai diberlakukan,”terang Usulu.
Hanya saja, kata Usulu, dari 19 objek pajak dan rertribusi tinggal tiga yang bisa pungut yakni HO, IMB dan ijin tempat usaha minuman beralkohol.
“Tiga item itulah yang bisa kita pungut tahun 2012 mendatang. Karena sesuai dengan undang-undang 28 tahun 2009 dari 19 objek yang ditangani BP2T tinggal tiga item tersebut yang bisa dipungut,”katanya.
Usulu mengatakan, sasaran menjadikan Manado sebagai salah satu tujuan investasi dan pusat perdagangan terbesar dikawasan timur Indonesia.
Untuk mewujudkan hal tersebut, maka diambil beberapa kebijakan melalui peningkatan kepastian berusaha pelayanan perijinan yangb aik dan kemudahan berinvestasi.
“Hal ini bertujuan agar masyarakat semakin memahami seluk beluk penyelenggaraan perijinan 1 pintu di BP2T kota Manado,” ujar Usulu.
Sehingga itu tambahnya lagi, akan memberikan kejelasan prosedur dalam hal pengurusan perijinan yang pada gilirannya diharapkan semakin meningkatkan kepastian berusaha.
“Sekaligus dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dalam memenuhi kewajibannya dalam membayar retribusi daerah terkait dengan perijinan tertentu,” ucapnya.
Sementara itu, Plt Sekot Drs Arnold Kewas, menjelaskan dalam visi-misi pembangunan kota Manado menetapkan lima grand strategi pembangunan yang salah satu meningkatkan peran Manado dalam pembangunan ekonomi kawasan.
“Kegiatan ini merupakan wadah yang strategis untuk memperkenalkan kebijakan-kebijakan yang berlaku di kota Manado terkait dengan perijinan usaha khususnya Perda No 5 tahun 2011,”ujar Kewas.
Dia juga menambahkan, komitmen Pemkot yakni tersedianya pelayanan perijinan yang sederhana, cepat, transparan dan pasti bagi masyarakat. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading