Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Usulu Sesalkan Survey Doing Business Tidak Akurat

Aldi Mawitjere   |   1 Maret 2012 – 23:03 WITA
Kepala BP2T Manado

Kepala BP2T Manado, Drs Rum Usulu

Manado, (manadotoday.com) – Hasil survey dari Doing Business Indonesia, Kota Manado masuk kategori paling terenda dari 20 kota yang diukur. Hanya saja, hasil survey tersebut langsung mendapat komplain oleh kepala Badan Pengelola Perijinan Terpadu (BP2T) Drs Rum Usulu dalam sosialisasi yang dilaksanakan di Hotel Peninsula, Kamis (01/03/2012).
Menurut, Usulu ada beberapa hasil survey yang tidak benar atau tidak akurat yang dilakukan Doing Business Indonesia.
“Beberapa hal yang sudah kami lakukan tapi tidak dimasukan dalam hasil survey. Sehingga dari hasil survey pelayanan BP2T dan instansi teknis lainnya dari 20 kota yang diukur menjadi yang paling terenda,” terang Usulu kepada manadotoday sembari menyayangkan  akan hasil survey tersebut.
“Kita sayangkan, karena masyarakat menilai BP2T tidak melaksanakan tugas sebaiknya. Padahal kita telah melakukan perbaikan-perbaikan,”tandasnya.
Lanjut dikatakan mantan Kadis Kominfo itu, ada tidak langkah yang sudah dilakukan namun tidak dimasukan dalam hasil survey. Pertama, dahulunya masih ada izin tetangga, kini tinggal pemberitahuan tetangga. Kedua, setiap pengurusan izin tidak lagi menyertakan atau melampirkan satu berkas SITU HO SIUP dan TDP, karena itu telah dilaksanakan secara pararel dan pemohon hanya mamasukan satu berkas.
“Jadi untuk berkas parerel itu sudah kita lakukan. Sementara yang ketiga sesuai undang-undang 28 tahun 2009 dari hasil survey Doing Indonesia itu, Kota Manado masih menarik retribusi, padahal terhitung Januari 2011, kita sudah tidak lagi memungut retribusi lagi khusus untuk TDP SIUP dan ijin lainnya,”jelas Usulu kepada manadotoday di ruang kerjanya, seraya menegaskan, dari 19 perijinan di Kota Manado, tinggal tiga yang ditarik retribusinya.
“Tiga jenis retribusi yang ditarik yakni surat ijin tempat minuman beralakohol, HO dan Ijin Mendirikan Bangunan (IMB,red),”tegasnya.
Ditambahkan Usulu, waktu penyelesaian berkas satu hari bisa selesai untuk SIUP TDP karana tidak ada lagi retribusi. Khusus untuk IMB pasti membutuhkan waktu lama karena akan melakukan pemeriksaan lokasi bersama tim teknis. Sedangkan untuk SITU HO paling lama tiga hari selesai yang terpenting berkas dari pemohon lengkap langsung diproses.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading