Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Vaksinasi Berkelanjutan, Distanak Mitra Cegah Rabies

Staff Manado Today   |   1 Desember 2011 – 09:31 WITA

Ratahan, MTC – Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Minahasa Tenggara (Mitra) terus melakukan vaksinasi untuk menekan akan penyebaran Rabies. Hampir setiap hari petugas Distanak melakukan kegiatan vaksinasi di semua kecamatan.
Menurut Kadis Pertanian dan Peternakan Mitra Ir BA Tinungki MEng, yang menjadi kendala dalam vaksinasi, terkadang masyarakat tak memberikan izin untuk hewan peliharaannya divaksin. Padahal vaksin ini sangat perlu, karena mengingat hewan Anjing selalu berinteraksi dengan manusia.
“Masyarakat harus mengerti akan gunanya vaksinasi rabies. Lantaran, vaksinasi ini akan menekan angka penyebaran rabies yang sangat mematikan itu,” ujarnya.
Lebih lanjut, Tinungki menjelaskan pihaknya terus melakukan sosialisasi serta pendekatan persuasif kepada masyarakat. Ini agar semua hewan peliharaan khususnya anjing bisa divaksin. “Virus ini, cara kerjanya bisa memakan waktu yang lama. Bisa saja manusia digigit oleh ajning yang sudah positif rabies, namun efeknya nanti kena setelah menghitung bulan bahkan ada yang menghitung tahun. Nah, hal ini yang kita harus antisipasi,” lanjutnya.
Memang untuk Mitra, saat ini belum ada korban yang terinfeksi rabies, namun tambah Tinungki, itu harus diwaspadai. Vaksinasi harus dilakukan setiap enam bulan sekali. “Namun, Mitra hampir setiap bulan melakukan vaksinasi. (vel)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading