Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Gorontalo

Volume Sampah di Kota Gorontalo Meningkat 40 Persen

Redaksi Manado Today   |   25 Agustus 2011 – 13:18 WITA

Manadotoday.com – Jelang Idul Fitri, volume sampah di Kota Gorontalo, meningkat antara 30 hingga 40 persen per hari dari sekitar 516 kubik per hari. Demikian dikatakan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Gorontalo, Abu Bakar Luwiti, Rabu kemarin.
Kenaikan volume sampah itu terjadi karena dua kegiatan yang dilaksanakan di Gorontalo menjelang lebaran Idul Fitri yaitu kegiatan pasar senggol yang telah dimulai dua pekan sebelum lebaran dan perayaan malam pasang lampu atau “Tumbilotohe”, tradisi untuk melepas bulan Ramadan dengan menyalakan lampu minyak obor, tiga hari menjelang lebaran, katanya.
Abu Bakar mengatakan, tambahan sampah tersebut antara lain berupa kardus, kantong plastik, sisa makanan dan sisa buah-buahan. Manurut dia, setiap hari sekitar 50 persen dari seluruh volume sampah itu tidak bisa diangkut oleh DLH karena keterbatasan jumlah kendaraan pengangkut sampah.
Saat ini, lanjutnya, DLH kota Gorontalo hanya mempunyai lima belas kendaraan pengangkut sampah berbagai jenis, sehingga tidak cukup untuk melayani pengangkutan sampah di seluruh wilayah itu. “Kami sudah mengajukan penambahan armada, tapi belum juga terealisasi karena keterbatasan dana,” ungkap Abu Bakar. (ant/hma)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading