Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Volume Sampah TPA Sumompo Menurun

Aldi Mawitjere   |   14 Oktober 2011 – 08:41 WITA
Julises Oehlers

Kadis Kebersihan dan Pertamanan Pemkot Manado : Julises Ohlers SH

Manado Today – Dengan adanya program 3R yakni reduce, re-use dan recycle volume sampah di Kota Manado mengalami penurunan. Demikian disampaikan Kepala Bidang Pengelolaan Tepat Pembuangan Akhir (TPA) Teddy Rattu kepada sejumlah wartawan.

“Program ini mampu mengurangi volume sampah dari masyarakat yang diangkut ke TPA Sumompo. Apalagi untuk saat ini, daya tampung sampah di TPA masih terbatas karena hanya memiliki satu boks,” tuturnya.

Sementara itu, Kadis Kebersihan dan Pertamanan Julises Oehlers SH membenarkan hal tersebut. Menurutnya untuk menyambut penilaian Adipura tahap pertama (P1), maka pihaknya sementara berupaya mengoptimalkan pemilahan sampah dan pengomposan di TPA, sehingga kualitas air dan udara bisa baik.

“Untuk pembuangan limbah sampai saat ini masih baik dan belum terjadi pencemaran lingkungan,” tukasnya.

Makanya, Oehlers mengajak seluruh elemen masyarakat bersama-sama bertanggung-jawab menjadikan Kota Manado bersih dan asri, tentunya dengan menjaga kebersihan di lingkungan masing-masing.

“Warga juga dimintakan sadar akan kebersihan lingkungan dengan membuang sampah pada waktu yang telah ditentukan agar memudahkan petugas kebersihan memilah serta mengangkut sampah. Kalau saat ini banyak warga yang membuang sampah sudah dibungkus kantong plastik itu sudah sangat membantu, namun alangkah baiknya dibuang pada tempatnya,” jelas mantan kabag Aset sembari meminta hal ini persu disosialisasikan kepada masyakat.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading