Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Minahasa Tenggara

Wabah Malaria Serang Warga Minahasa Tenggara

Manado Today   |   17 Maret 2012 – 15:51 WITA

Ratahan, (manadotoday.com) –Cuaca extrim  yang terus terjadi beberapa minggu belakangan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), mulai berdampak timbulnya berbagai penyakit, diantaranya penyakit Malaria.

Wabah Malaria Serang Warga Minahasa Tenggara

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mitra, dr. Lily Mawati

Hal ini didasarkan dari informasi dan pengakuan salah satu sumber di Dinas Kesehatan Mitra, dimana hampir semua Desa di 12 Kecamatan ada warga yang menderita penyakit Malaria.

”Disejumlah Puskesmas di wilayah Ratahan tetap didapati ada penderita Malaria baik rawat inap dan rawat jalan,” ujar sumber.

Kondisi ini kemudian menjadi sorotan warga. Noldy Raco, salah satu tokoh masyarakat Mitra, misalnya meminta kepada Pemkab Mitra khususnya instansi terkait dalam hal ini dinas kesehatan Mitra agar lebih proaktif melakukan tindakan pencegahan.

“Kami minta Dinkes Mitra untuk melakukan langka dalam mengantisipasi penyakit menular tersebut. Jangan sudah mewabah baru mengambil tindakan,” tandasnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Mitra dr. Lili Mawati ketika dikonfirmasi mengakui bahwa sejak bulan Januari – Maret sudah ada sekitar 466 kasus Malaria di Kabupaten Mitra. Dan beruntung belum ada pasien malaria yang dinyatakan meninggal dunia.

“Memang hampir semua kecamatan ada kasus malaria, yang tertinggi ada di Kecamatan Tombatu dan Toluaan,” ujarnya

Ditambahkannya, Dinkes Mitra sendiri sudah melakukan sosialisasi dengan menghimbau kepada camat Hukumtua dan lurah supaya waspada penggantian cuaca saat ini.

“Masyarakat juga harus menggalakkan 3 M plus (menutup, menguras dan menimbun serta menggunakan obat nyamuk atau kelambu, untuk mengantisipasi pentakit Malaria dan penyakit lainnya, ” tutupnya. (dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading