Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Wacana Pemekaran Tomohon Utara Berhembus

Ardi Kalumata   |   11 Desember 2011 – 16:41 WITA

Tomohon, MTC – Dinilai sudah layak menjaid dua kecamatan, pemekaran Kecamatan Tomohon Utara mulai berhembus. Sejumlah warga di Kecamatan Tomohon utara mengatakan, untuk lebih mendekatkan pelayanan, sudah saatnya Tomohon Utara dimekarkan menjadi dua kecamatan.
‘’Agar pelayanan lebih prima dan lebih terjangkau, Tomohon Utara sudah saatnya dimekarkan,’’ ungkap Jeffry M, Marthen W dan Lusye LM.
Untuk maksud tersebut, ketiganya mengatakan akan membentuk forum yang tujuannya memperjuangkan pemekaran Tomohon Utara. ‘’Kami akan meminta kepada Pemkot Tomohon untuk memroses pemekaran Kecamatan Tomohon Utara,’’ kata ketiganya.
Meski begitu, mereka mengatakan masih akan mengumpulkan aspirasi dari masyarakat. Sebab, jika masyarakat belum setuju, tentunya sulit untuk terwujud.
Kecamatan Tomohon Utara sendiri sudah memenuhi syarat untuk dimekarkan. Dari jumlah penduduk maupun jumlah kelurahan, sudah layak.
Sesuai PP 19/2008 Pasal 5, pembentukan kecamatan harus memenuhi syarat administrative, teknis dan fisik kewilayahan. Sementara Pasal 6 Ayat (1) menyebutkan bahwa cakupan wilayah sebagaimana dimaksud pada Pasal 5, untuk daerah kabupaten paling sedikit terdiri atas 10 desa/kelurahan, sementara untuk daerah kota paling sedikit terdiri dari 5 desa/kelurahan.
Untuk Kecamatan Tomohon Utara, saat ini terdiri dari 10 kelurahan. Jadi, sudah bisa menjadi dua kecamatan.
Kelurahan yang ada di Tomohon Utara adalah Kakaskasen, Kakaskasen Satu, Kakaskasen Dua, Kakaskasen Tiga, Kinilow, Kinilow Satu, Tinoor Satu, Tinoor Dua, Kayawu dan Wailan. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading