Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Tenggara

Wagub Galakkan GST di Minsel

Staff Manado Today   |   25 April 2011 – 22:04 WITA

Manado Today – Wakil Gubernur (Wagub) Sulut Djauhari Kansil menggalakkan program “Gerakan Sentuh Tanah”, dengan menanam bibit jagung unggulan di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Senin.

Foto : Wagub Sulut, Drs Djauhari Kansil MPd

Foto : Wagub Sulut, Drs Djauhari Kansil MPd.

Kegiatan penanaman yang disponsori Kaum Bapa Sinode Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM) itu, untuk mengembalikan peran pertanian, terutama komoditi jagung yang menjadi unggulan di daerah.
Penanaman bibit jagung di perkebunan Ni’i Liwutung Kecamatan Pasaan itu, meminta kepada warga untuk giat menanam semua komoditi unggulan yang menjadi tanaman pangan utama.
“Seiring dengan ancaman pemanasan global, bisa berdampak pada pengaruh ketahanan pangan sendiri. Sehingga perlu mengembalikan peran menanam jagung dan sebagainya,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu juga, Wagub mengingatakan seluruh masyarakat untuk tetap mendukung program sentuh tanah yang digalakkan pemerintah provinsi Sulut selang tahun 2011 ini.
“Untuk lebih meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat, maka pemerintah melaksanakan kegiatana sentuh tanah, mengingat wilayah Sulut memiliki tanah subur dan cocok untuk pertanian,” ujarnya.
Untuk itu seluruh warga dapat menggunakan lahannya untuk menanam, dan hasilnya bisa di gunakan bahkan untuk dijual guna meningkatkan ekonomi warga itu sendiri, lanjut kansil.
Menurutnya, sejauh ini dampak atau pengaruh perubahan iklim terhadap ketahanan pangan di daerah mulai terasa, seiring dengan masa panen mulai bergeser serta hasil kurang optimal.
Pemerintah daerah akan terus berupaya membantu kelompok-kelompok tani yang kreatif, serta mampu memanfaatkan semua lahan pertanian untuk dioptimalkan dengan menanam semua komoditas yang ada, dan bukan hanya tanaman jagung.
“Tanaman seperti berbagai jenis holtikultura, padi, cabe, umbi-umbian dan sebagainya harus dimanfaatkan dengan baik di setiap lahan yang ada,” tambahnya. (ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading