Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa

Wagub Sulut Ajak Masyarakat Minahasa Terus Pelihara Budaya Mapalus

Manado Today   |   27 Agustus 2012 – 07:24 WITA

TONDANO, (manadotoday.com) – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara Dr. Djouhari Kansil MPd, mengajak masyarakat di Kabupaten Minahasa untuk terus memelihara semangat mapalus.

“Semangat mapalus, wajib kita pelihara sebab itu menjadi budaya yang sudah turun temurun dari para leluhur,” ujar Kansil, saat hadir di ibadah pengucapan syukur Jemaat GMIM Eben Haezer Kombi, Tondano, Minggu (26/8) kemarin.

Kata dia, salah satu yang wajib dilakukan dalam gerakan mapalus adalah kerjasama untuk mengantar dan membiasakan masyarakat, agar hidup saling mengasihi dalam semangat kerja bersama.

“Budaya mapalus, mengajarkan kita untuk rajin. Artinya, yang saya maksud yakni agar kita rajin menanam, dengan memanfaatkan lahan-lahan kosong di tanah Minahasa,” terang Kansil.

Ia menambahkan, dirinya berharap agar masyarakat di Minahasa juga, untuk terus menanam mengingat tanah Minahasa adalah tanah yang sangat subur.

“Mari kita terus manfaatkan tanah yang subur yang dianugrahkan kepada kita,” ucap Kansil.

Sementara dalam ibadah tersebut, kansil mengingatkan tentang sabda dan seruan kepada seluruh umat, untuk bekerja keras. Hal itu harus dijawab jemaat dengan kerja keras  untuk memberi buah bagi kehidupan pribadi dan kehidupan orang lain.

‘’Buah-buah iman itu juga, harus sejak dini ditanamkan kepada anak-anak, selanjutnya menjadi salurah berkat bagi sesama,” tandasnya.

Kehadiran Kansil di Kombi tersebut, didampingi isteri tercinta Ny. Mieke Kansil Tatengkeng, dan sejumlah pejabat di lingkup Pemprov Sulut. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading