Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Wagub Sulut : DAS Tondano Wajib Dilestarikan

Tonny Sumakul   |   21 Juni 2012 – 14:58 WITA

MANADO (manadotoday.com) – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Djouhari Kansil MPd, menegaskan, Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, wajib untuk dilestarikan.

Menurut Kansil, DAS Tondano itu, sangat penting untuk masyarakat Sulut. Sebab, selain sebagai sumber Pembangkit Listrik Tenaga Air, danau Tondano juga adalah DAS yang memberi manfaat untuk sumber air bersih, perikanan, pertanian dan irigasi, peternakan dan pariwisata.

“Untuk itu saya harapkan, pengelolaan DAS Tondano dilakukan secara lintas instansi, dengan melibatkan pemerintah kabupaten/kota yang dilewati DAS itu, serta dukungan masyarakat yang dilintasi DAS tersebut,” ujar Kansil.

Kata dia, instansi seperti Dinas Pekerjaan Umum, Dinas Kehutanan, Badan Pengelola Lingkungan Hidup, juga UPT-UPT terkait, harus terus melakukan program terpadu, agar pelestarian dan optimalisasi fungsi DAS Tondano, berjalan dengan baik.

“Masalah di DAS Tondano yakni pencemaran akibat limbah cair, baik dari industri maupun rumah tangga. Itu yang harus kita antisipasi untuk kedepan,” tukasnya.

Contoh Kansil untuk pelestarian DAS Tondano, yakni dengan dilakukan penanaman pohon, di bantaran sungai, dan menghindari pembuangan sampah di DAS tersebut.

“Penebangan pohon dan pengrusakan hutan disepanjang DAS Tondano, harus kita antisipasi. Untuk itu, koordinasidan keterpaduan  harus kita lakukan, agar tak terjadi tumpang tindih dalam pengawasan,” pungkasnya. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading