Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Wagub Sulut: Mof akan Tunjang Sektor Ekonomi

Redaksi Manado Today   |   24 Mei 2011 – 17:47 WITA

Manado Today – Kegiatan Manado Ocean Festival (MOF) bukan hanya sekedar mengangkat potensi sumber daya alam (SDA) dan pariwisata di Sulawesi Utara, akan tetapi juga untuk mengembangkan sektor perekonomian rakyat di daerah ini.

“MOF merupakan bentuk promosi tentang potensi Sulut ke tingkat nasional dan mancanegara. Ini harus dimanfaatkan dengan baik bagi pengembangan ekonomi daerah,” kata Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djauhari Kansil, saat membuka MOF di Manado,.

Dengan melandaskan peran laut, berarti Sulut sangat kaya akan keragaman dan aneka hayati laut dan membawa masukan bagi devisa daerah.

Menurutnya, dengan mengangkat peran laut masyarakat juga digugah akan kesadaran untuk menjaga alam ini, dengan tidak sekedar mengeksploitasi untuk hal-hal kurang baik.

Kegiatan tersebut sejalan dengan semangat Pemprov sulut yang kini sedang giat-giatnya membangun daerah “bumi nyiur melambai” di berbagai sektor pembangunan, misalkan pemantapan sektor ekonomi di berbagai sub sektor yang bertumpuh pada tiga pilar pembangunan, yaitu “trade, tourism and investment”.

Karena itu, Kansil yang juga mantan Kadis Pendidikan Nasional (Diknas) Provinsi Sulut ini, berharap kegiatan dapat dilaksanakan secara berkala. “Bahkan kalau bisa dapat ditetapkan menjadi agenda tahunan bagi pemerintah kota Manado dalam mewujudkan Manado sebagai “kota ekowisata”,” ujarnya.

Kansil menyebutkan, Provinsi Sulut kini telah ditetapkan menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata di Indonesia bersama dengan beberapa daerah lainnuya. Kemudian karena ditetapkan daerah tujuan wisata yang baru, tentunya berbagai agenda seperti Meeting, Incentive, Convention dan Exebition (MICE) akan banyak di gelar di daerah.

“Sulut sudah menjadi salah satu dari lima provinsi destinasi unggulan pariwisata di Indonesia, sehingga pemerintah pusat berharap potensi di daerah terus dikembangkan,” ujarnya.

Khusus pelaksanaan MOF sendiri, ada 10 kegiatan yang dilombakan, antara lain Lomba Perahu Katinting, Pameran (Expo) potensi dan keunggulan daerah, Lomba Fotografi Bawah Laut. Kemudian ada Bola Voli Pantai, Lomba Putri Kelautan, Bersih-bersih Laut serta Lomba Jet Sky. (ant/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading