Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Pemerintahan

Wagub Sulut : Tingkat Kemiskinan Minahasa Tenggara dan Bolmong Selatan Masih Tinggi

Tonny Sumakul   |   19 Maret 2012 – 19:30 WITA
Wagub Sulut

Wagub Sulut, Dr. Djouhari Kansil

Manado (manadotoday.com) – Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Dr. Djouhari Kansil MPd, mengatakan, bahwa berdasarkan data dari BPS tahun 2012, dua Kabupaten di Sulut yakni Minahasa Tenggara (Mitra) dan Bolmong Selatan (Bolsel), tingkat kemiskinannya berdasarkan presentase penduduk, masih cukup tinggi.
“Tingkat kemiskinan Mitra dan Bolsel masih cukup tinggi,” kata Kansil, saat membuka  pelaksanaan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), dan Pra Musyawarah Perencanaan Pembangunan Daerah Sulut, Senin (19/3).
Menurutnya, yang harus dilakukan saat ini, setidaknya mulai mendata dan mengetahui penyebab kemiskinan, yang kemudian ditindaklanjuti untuk mencari solusinya.
“Ada bebrapa langkah untuk mencari solusi mengatasi 5 hal dari 14 variabel kemiskinan. Salah satunya mengentaskan kemiskinan lewat bedah rumah. Sebab, rumah yang tak layak huni itu, termasuk salah satu penyebab kemiskinan,” ungkapnya.
Lanjut Kansil menyampaikan, bahwa dasar kegiatan ini, yakni untuk mematangkan keterpaduan, kolaborasi dan koordinasi,  bebagai pihak dalam perencanaan pembangunan.
“Sinergitas antara Pemprov dan Pemkab/Pemkot, harus terus dilakukan,” tandasnya.
Ditambahkannya, bahwa perencanaan pembangunan tak boleh lepas dari RPJMD jangka menengah, karena ada target-target yang harus dicapai dalam RPJMD yang dimaksud. Selain itu, perencanaan pembangunan daerah, tujuan utamanya hanya satu yakni kesejahteraan masyarakat salah satunya dengan memberdayakan masyarakat.
“Perencanaan pembangunan untuk kesejahteraan masyarakat, harus dimatangkan. Itu akan jadi salah satu cara dalam mengatasi masalah kemiskinan,” pungkasnya.
Pada kesempatan itu, Kansil didampingi Ditjen PUM Kemendagri Ir Muhamad Yuliarto dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulut, Dr. Noldy Tuerah. (ton)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

One Response »

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading