Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Wakil Walikota Manado Tandatangani 11 Ribu Akte

Aldi Mawitjere   |   8 Agustus 2012 – 00:33 WITA
bang ai

Bang Ai menandatangani akte perkawinan di sabuah bulu, Malalayang. (ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Selang Kepala Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan Kota Manado masih berstatus pelaksana tugas (Plt) segala hal yang berurusan dengan penandatanganan akte kelahiran, perkawinan, perceraian dan kematian ditarik ke atas, oleh Wakil Walikota Harley AB Mangindaan.

Tak ayal, terhitung sejak September 2011 hingga Agustus 2012 tercatat sebanyak 11.117 ribu akte yang ditandatangani orang nomor dua di Kota Manado itu.

Hal itu dilakukan agar akte yang dikeluarkan oleh Pemkot Manado tidak bertentangan dengan aturan hukum. Mengingat pejabat esalon II yang berstatus Plt tidak bisa menandatangi akte, karena tidak dibenarkan oleh aturan.

“Memeng pada saat itu saya tidak bisa melakukan penandatanganan pengesahan akte-akte tersebut karena masih Plt sehingga tugas dan tanggung jawab itu dilakukan langsung oleh pak Wakil Walikota. Dengan kata lain ditarik ke atas,”terang Kadis Capilduk Manado Ventje Pontoh SH yang barusan dilantik definitif.

Hanya saja, kata Bang Ai sapaan akrab Wawali Manado, pekerjaan justru lebih mendekatkan dirinya dengan warga kota. Pasalnya, melalui penandatanganan atau pengesahan akte, khususnya akte perkawinan Wakil Walikota kerap terjun langsung hingga di kepulauan untuk melaksanakan kawin massal.

“Secara langsung pekerjaan dan tanggung jawab pengesahan akte membuat saya lebih mengetahui kebutuhan masyarakat hingga dikepulauan. Karena saya langsung bertemu dengan warga,”terang Bang Ai.

Namun terlepas status Pontoh kini telah devinitif sehingga tugas tanggungjawab pengesahan akte tidak lagi kepada Wakil Walikota,  Bang Ai pastikan tetap akan melayani warga dalam pengesahan akte melalui pernikahan.

“Jika ada kegiatan pernikahan massal dan dimintakan menjadi pengesah akan pernikahan tersebut, saya akan laksanakan,”tandas Bang Ai.

Seperti diketahui kapan dan dimana pun tempatnya Wakil Walikota ini menandatangi surat-surat seperti hal akte-akte yang diterbitkan. Salah satu contoh di kawasan kuliner sabuah bambu di kawasan pantai Malalayang.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading