Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Walikota: Jamban Jangan Diarahkan ke Sungai

Staff Manado Today   |   22 September 2011 – 18:38 WITA

Tekad Raih Adipura 2012

Manado Today – Meskipun Kota Manado, telah masuk penilaian kota besar ternyata tidak menurunkan semangat untuk merebut Adipura tahun 2012. Untuk mencapainya peran serta masyarakat Kota Manado sangat dibutuhkan. Daerah Aliran Sungai (DAS) kini menjadi perhatian ekstra Pemerintah Kota. Sebab, berbeda dengan penilaian kota sedang, dalam penilaian adipura kategori kota besar, selain penilaian secara umum menyangkut kebersihan dan penataan kota juga ketambahan obyek penilaian yakni kualitas air dan udara.

walikota manado

Walikota Manado Dr. Ir. G.S.V. Lumentut

Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut SH MM MSi DEA, menginstruksikan kepala kecamatan dan kelurahan agar mengajak warga diwilayah kerjanya untuk tidak mengarahkan jamban ke sungai karena dapat menyebabkan meningkatnya kadar E. coli. Bahkan masih ada kebiasaan masyarakat khususnya mereka yang ada dibantaran sungai yang mengarahkan jambannya langung ke sungai.

“Penilaian adipura untuk skala kota besar, juga menghitung kualitas air dan udara. Para camat dan lurah diinstruksikan untuk mendata dan mengajak masyarakat untuk tidak mengarahkan jambannya langsung ke sungai, karena akan meningkatkan kadar E. coli,” ujar Lumentut.

Lanjut dikatakan, peningkatan kadar E. coli akan mengurangi penilaian adipura Kota Manado. Disamping itu, Pemkot Manado juga akan berupaya mengurangi emisi gas buang khususnya pada kendaraan yang beroperasi.

“Pemerintah terus berupaya untuk merebut adipura tahun 2012. Tetapi tanpa dukungan masyarakat pastilah tidak akan berhasil. Oleh karena itu kesadaran masyarakat sangat penting,”tandas pemimpin Kota Manado yang dekat dengan rakyatnya itu.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading