Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Walikota Manado : Bangun Manusia Berkarakter dan Watak Kuat

Aldi Mawitjere   |   22 September 2012 – 12:37 WITA

Dari Peringatan 100 tahun Gerakan Kependudukan Masuk di Indonesia

Walikota saat memimpin Apel Pramuka manado

Walikota Manado saat memimpin Apel Pramuka (ist)

MANADO, (manadotoday.com) – Gerakan Pramuka tetap relevan dengan perkembangan zaman. Untuk itu pembangunan karakter dan watak yang kuar bagi generasi muda merupakan faktor utama.

Demikian dikatakan Walikota Manado GS Vicky Lumentut pada pelaksanaan apel besar Hari Pramuka ke 51 dan peringatan 100 tahun masuknya gerakan kependudukan ke Indonesia dilapangan sparta tikala, Jumat (21/09) kemarin.

“Walaupun pada era globalisasi penuh dengan kemajuan IPTEK, namun manusia tetap merupakan faktor penentu yang paling utama. Kerena itu, kita harus membangun manusia yang memiliki karakter dan watak yang kuat, memiliki kepribadian yang tangguh dan budi pekerti luhur, hidup dalam kerukunan, kompak dan selalu bersatu,”ujar Lumentut.

Lanjut kata Lumentut, Pemuda demikianlah yang sanggup menghadapi tantangan globalisasi dan mampu menghadapi berbagai persoalan serta menatap masa depan dengan lebih baik.

Walikota mengingatkan kembali tentang revitalisasi gerakan pramuka yang telah dicanangkan Presiden SBY pada tahun 2006. Pertama, memperkuat UU Nomor 12 Tahun 2010 sebagai dasar hukum gerakan pramuka. Pelaksanaan pendidikan kepramukaan saat pada ini tidak lagi hanya sekedar mengisi masa senggang kaum muda dengan berbagai kegiatan positif, tetapi telah meningkat menjadi kewajiban undang-undang. Kedua, pembaharuan sistem kepramukaan.

Pada saat ini pendidikan kepramukaan telah memiliki kurikulum baru, konsep akreditasi gugus depan serta sertifikasi dan lisensi para pembina. Ketiga, kemandirian organisasi. Untuk menjaga otonomi dan indenpendensi organisasi, gerakan pramuka harus memiliki sumber dana sendiri sebagaimana telah diamanatkan oleh UU Nomor 12 tahun 2010.

Dalam kurung waktu 6 tahun, revitalisasi gerakan pramuka telah berhasil mengubah cara pandang masyarakat terhadap gerakan pramuka.

“Saat ini banyak peristiwa yang terjadi di sekeliling kita yang berpotensi memerosotkan akhlak kaum muda. Untuk mengatasinya, mantapkan penghayatan dan pengamalan nilai-nilai yang tercantum dalam tri satya dan dasa dharma pramuka, yaitu menjunjung tinggi keimanan, kejujuran, cinta tanah air, kasih sayang sesama manusia, tolong-menolong, gotong-royong, bertanggung jawab, disiplin, hormat kepada orang tua, sederhana, suci dalam pikiran dan perkataan dan dalam perbuatan” pesan Ketua APEKSI.

Sangatlah tepat adik-adik memilih gerakan pramuka sebagai kegiatan ekstra kurikuler di sekolah, sebab mengikuti sekolah formal saja tidak cukup, mengingat waktunya sangat terbatas untuk mempelajari berbagai aspek moral dan etika serta ketrampilan.

Untuk hasil yang optimal dalam pembentukan watak, kepribadian dan akhlak mulia, adik-adik perlu menambah dan meningkatkan wawasan dan pemahaman antara lain dengan mengikuti pendidikan nilai-nilai melalui gerakan pramuka.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading