Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Walikota : Pemkot Manado Wajib Ikuti Permendagri 32

Aldi Mawitjere   |   17 Juni 2012 – 21:15 WITA

Terkait Belum Dicairkan Dana Bantuan Sosial

MANADO (manadotoday.com) —Penyesuaian peraturan dari Permendagri nomor 13 tahun 2006 ke Permendagri nomor 32 tahun 2011 tentang pedoman pemberian hibah dan bantuan sosial (Bansos) yang bersumber dari APBD, mau tidak mau wajib diikuti oleh Pemkot Manado.

Pasalnya, aturan tersebut, tahun sebelumnya, pengajuannya bisa langsung diproses untuk pencairan. Akan tetapi mulai tahun 2012 ini proses realisasi dana bansos wajib mengikuti peraturan yang telah diatur oleh pusat melalui Permendagri nomor 32 itu.

Hal itu ditegaskan, Walikota Manado, GS Vicky Lumentut.

“Memang pada triwulan dua ini sudah saatnya tahapan pencairan atau realisasi akan dana bansos, namun kita tentunya tidak bisa merealisasi seperti tahun sebelumnya, karena ada aturan yang baru,”terang GSVL sapaan akrab Lumentut.

Dalam aturan tersebut, pengajuan dana bansos akan lebih diteliti dan untuk proses pencairan tidak bisa langsung dicairkan seperti tahun sebelumnya. Tetapi akan dicairkan pada tahun berikut setelah semua pengajuan dana bansos usai dikaji sesuai dengan ketentuan.

“Ini jelas untuk efektifitas peraturan tersebut yang berlaku tahun 2012 ini,”tegas Walikota pilihan warga Manado ini. Disatu sisi GSVL menegaskan, dana bansos yang ditata di APBD Manado 2012 bukan tidak tersentuh, tapi karena ada penyesuaian peraturan permendagri tahun 2006 ke permendagri tahun 2011, sehingga perlu diketahui masyarakat untuk tidak menganggap Pemkot yang menahan proses realisasi.

“Harus diakui aturannya sangat ketat dan ini merupakan dorongan dari KPK sesuai dengan Permendagri itu. Jika kita pemerintah tidak mengikuti apa yang diamanatkan peraturan tersebut, ujung-ujungnya kita akan berhadapan dengan hukum. Dan hal ini pun bukan hanya di Manado saja yang kini lebih berhati-hati, melainkan semua teman-teman kita di kabupaten dan kota pada posisi yang sama,”tandas GSVL.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading