Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Tomohon

Walikota Tomohon Canangkan Sekolah Siaga Bencana se-Tomohon Utara

Ardi Kalumata   |   20 September 2012 – 23:08 WITA
Sekolah siaga bencana di Tomohon

Pencanangan Sekolah siaga bencana di Kota Tomohon

TOMOHON, (manadotoday.com)—Walikota Tomohon Tomohon Jimmy F Eman SE Ak Kamis (20/09/2012) brtempa di SMA Lokon Kakaskasen II Tomohon Utara mencanangkan Sekolah Siaga Bencana se-Kecamatan Tomohon Utara.

Selain mencanangkan sekolah-sekolah siaga bencana, juga mencanangkan SMA Loko sebagai SMA tangguh bencana, pelantikan guru Pembina dan siswa tangguh bencana serta sosialisasi potensi bencana dan dampak bencana alam.

Saat memberikan sambutan, Eman mengatakan, sebagai daerah yang berada sangat dekat dengan bencana letusan Gunung Lokon, Kecamatan Tomohon Utara memiliki potensi besar terjadinya bencana.

Untuk itu, ia meminta agar semua elemen masyarakat di Kecamatan Tomohon Utara tahu menanggulangi bencana dan menjadi tangguh dalam penanganan bencana.

‘’Pembinaan dan pelatihan cara penanggulangan bencana memang harus dimulai sejak dini. Siswa-siswa juga sangat perlu diberi pemahaman dan pembinaan bagaimana cara penanggulangan bencana,’’ kata Eman.

Ditambahkan Eman, Kota Tomohon merupakan daerah yang diberi anugerah Tuhan dengan berbagai potensi yang dimiliki. Namun, di balik itu, dari komposisi geografis, geologis, hidrologis dan demografis, Kota Tomohon menyimpan potensi bencana yang diakibatkan factor alam maupun non alam.

‘’Menghadapi fenomena bencana yang makin luas dan kompleks, sesuai Undang- Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang penanggulangan bencana, seluruh pemangku kepentingan harus menyelenggarakan bukan hanya saat terjadi tanggap darurat bencana tapi juga pada pra bencana dan pasca bencana,’’ tandas walikota.

Untuk guru-guru dan siswa tambahnya, melalui pembinaan ini, nantinya menjadi agen maupun pelaku dalam penanggulangan bencana terutama di sekolah. Jika memungkinkan, bisa juga membantu di luar sekolah. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading