Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Tomohon

Wamen Pertanian: Tomohon Jadi Andalan Indonesia Ekspor Bunga

Ardi Kalumata   |   8 Agustus 2012 – 18:18 WITA

Tomohon Sukses Gelar ToF 2012

ToF 2012

Float Philipina pada ToF 2012

TOMOHON, (manadotoday.com)—Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon Rabu (8/8) sukses menggelar even Tournament of Flower (ToF) tahun 2012. Kekhawatiran soal kekurangan bunga karena hanya menggunakan bunga lokal tanpa mengambil dari luar tidak terbukti.

Sebanyak 36 float yang datang dari 5 negara sahabat masing-masing Amerika Serikat, Belanda, Perancis, Filipina dan Korea Utara, tiga kabupaten/kota dari luar Sulawesi Utara dan instansi swasta, BUMN, BUMD turut ambil bagian.

Wakil Menteri Pertanian Risman Heriawan ketika membuka kegiatan tersebut mengatakan, produksi bunga Tomohon sangat membantu untuk membangun agribisnis hortikultura dalam hal ini florikultura.

‘’Tomohon menjadi andalan Indonesia untuk mengekspor bunga. Kementrian pertanian terus mendorong pengembangan varietas unggul,’’ kata wakil menteri.

ToF katanya, merupakan salah satu kegiatan pemerintah Kota Tomohon untuk meningkatkan kunjungan wisata di Kota Tomohon.

‘’Tentunya juga untuk kemakmuran masyarakat Tomohon,’’ tandasnya.

Ditambahannya, industri florikultura bisa menopang industry kepariwisataan dengan mengandalkan bunga.

Sementara Wamen Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Dr Sapta Nirwandar  memerikan apresiasi positif kepada pemeirntah dan masyarakat Kota Tomohon yang sukses menggelar ToF tahun 2012.

‘’Ini luar biasa. Tomohon Kota Bunga. Kota Bandung sudah sejak lama menyandang Kota Kembang namun tak pernah mengeglar even seperti ini,’’ tukas wamen Parekraf.

Gubenur Sulawesi Utara Dr Sinyo H Sarundajang mengatakan, pelaksanaan ToF ke depan supaya lebih disempurnakan agar bis amenarik lebih banyak wisatawan ke Kota Tomohon.

‘’Kekurangan sekarang bisa diperbaiki di pelaksanaan berikut,’’ katanya.

Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak sangat berharap ToF bisa memberikan multiplayer effect bagi masyarakat Tomohon.

‘’Pemerintah daerah perlu melakukan terobosan untuk menjadi pintu gerbang di Asia pasifik. Tomohon bisa jadi daerah pengekspor bunga yang tidak dimiliki daerah lain di Indonesia dan menjadi kekhasan tersendiri bagi Kota Tomohon,’’ kata walikota seraya meminta kepada tamu-tamu yang datang dari luar untuk bisa kembali pada pelaksanaan berikut. (ark)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading