Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Aertembaga Keluhkan Bau Busuk dari PT. CTM

Aldy Monareh   |   2 November 2011 – 16:07 WITA

Thenderan : Kami Akan Lakukan Perbaikan
Bitung, MTC – Sejumlah warga Kelurahan Aertembaga mengancam akan melakukan aksi protes ke PT. Carvinna Trijaya Makmur (CTM), yang berlokasi di Kelurahan Artembaga Lingkungan III, milik pengusaha ikan, berinisial AT alias Thenderan.

Pasalnya, saat ini warga yang tinggal dekat dengan perusahaan itu, sudah tak tahan lagi dengan aroma bau tidak sedap yang diduga berasal dari perusahan tersebut, yang hampir setiap harinya dihirup warga.
Richard Tirayoh, salah satu tokoh masyarakat Aertembaga, mengungkapkan, saat ini warga sudah kesal karena setiap harinya menghirup bau busuk, dan setelah dilakukan pengecekan ternyata berasal dari PT. CTM yang memproduksi ikan rebusan setiap harinya.

“Warga sudah tak tahan, karena ini telah berlangsung hingga tiga pekan. Disamping itu juga kami meminta kejelasan apakah Amdal pihak perusahaan telah sesuai aturan,” ujar Ketua LSM Pasela kepada sejumlah wartawan, Rabu (2/11/2011).
Disatu sisi, Tirayoh mengakui memang keberadaan sejumlah perusahaan di Kota Bitung, memberikan kontribusi bagi peningkatan ekonomi masyarakat, hanya saja diharapkan setiap perusahaan juga jangan mengabaikan faktor lingkungan sehingga tidak akan menimbulkan pencemaran yang akhirnya mengganggu kenyamanan warga.
“Pada prinsipnya kami tidak akan mnghalangi perusahaan ini beroperasi, namun kami minta, bagaimanapun caranya pihak perusahaan tidak akan mengesampingkan kewajibannya, agar ktika beroperasi tidak akan menimbulkan masalah,” katanya.
Sementara itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bitung, Adriana Dondokambey, ketika dikonfirmasi perihal keluhan warga ini mengakui bahwa pihaknya sudah pernah melayangkan teguran kepada pihak perusahaan ini, namun tidak pernah diindahkan. “Sudah pernah dilakukan teguran namun tidak pernah diindahkan. Dan kami akan tindaki jika memang pencemaran telah melewati ambang batas,” tegasnya.
Terpisah, pemilik perusahaan PT. CTM, Thenderan, ketika disambangi sejumlah wartawan, membenarkan bahwa pihaknya telah menerima komplain warga melalui pemerintah setempat, terkait bau tak sedap yang berasal dari Perusahan miliknya. Bukan hanya itu, Thenderan juga mengakui bahwa bau tidak sedap yang terjadi akibat kelalaian karyawannya. “Ini memang kelalaian kami. Karena perusahaan ini juga baru broperasi jadi perlu dilakukan pembenahan jika ada yang harus diperbaiki. Sebab kami juga tidak nyaman dalam melakukan aktifitas, jika pada akhirnya menyusahkan warga,” ujarnya, seraya menambahkan saat ini lagi perusahaannya dalam pengawasan BLH Bitung. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading