Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Info Today

Warga Asal Manado Tewas Tertimbun Tanah di Sulawesi Tengah

Redaksi Manado Today   |   19 Maret 2011 – 06:58 WITA

Palu Today – Meidi, seorang penambang emas tradisional di Poboya, Kota Palu, Sulawesi Tengah meninggal dunia karena tertimbun longsor saat sedang beristirahat, Jumat tadi. Berdasarkan penuturan sejumlah rekan kerja Meidi yang ditemui di RS Wirabuana Palu, peristiwa itu terjadi pagi hari sekitar pukul 05.00 WITA.

Meidi mengalami luka parah di bagian kepala dan tubuhnya. Saat itu, Meidi sedang tidur di tenda, beberapa saat kemudian reruntuhan batu dan tanah menimpanya.

Sejumlah penambang mencoba menyelematkan Meidi setelah longsoran tanah berhenti, dan segera membawa ke rumah sakit yang jaraknya sekitar 20 kilometer dari lokasi kejadian.

Meidi, penambang emas asal Manado, Sulawesi Utara, ini meninggal dunia di rumah sakit pada Jumat siang. Kapolsek Palu Timur AKP Hasmun Effendi mengatakan, korban Meidi telah dipulangkan ke kampung halamannya melalui perjalanan darat. “Kami mengimbau agar pekerja berhati-hati agar tidak terjadi hal serupa,” katanya.

Selama dua tahun terakhir, terdapat belasan penambang emas di Poboya yang meninggal dunia akibat tertimbun longsor.

Saat ini di pertambangan emas Poboya terdapat penambang sebanyak 8.000 orang. Selain dari Palu, para penambang itu berasal dari Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Gorontalo, dan Jawa.

Pemerintah Kota Palu sebelumnya menyatakan bahwa aktivitas penambangan emas di Poboya adalah ilegal karena kuasa pertambangan lahan itu dimiliki oleh PT Citra Palu Minerals. (ann/her)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading