Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Bitung Diminta Pro Aktif Bersihkan Saluran Air

Aldy Monareh   |   22 November 2011 – 09:19 WITA

Bitung, MTC – Mengingat pemeliharaan drainase tidak dianggarkan dalam APBD 2011, memasuki musim penghujan Kepala Dinas PU Bitung Ir Max Tambuwun meminta masyarakat Kota Bitung bekerja sama dan pro aktif membersihkan saluran drainase yang biasanya tertutup pasir akibat terbawa air hujan.
”Perlu adanya kerja sama dan swadaya mengangkat pasir dari saluran air mengingat hal ini tidak ada anggaran untuk biaya pemeliharaan drainase,” terang Tambuwun.
Meskipun kata Tambuwun sudah dibuatkan 9 titik Sabodam ( tanggul penahan pasir) namun ini tidak akan bisa mengantisipasi masalah banjir pasir yang kerap terjadi di Kota Bitung, karena tanggul ini tidak akan sepenuhnya menahan pasir yang datang dari Gunung Dua Sudara ketika musim hujan.
”Karena itu diharapkan kesadaran masyarakat dalam menyikapi hal ini, secara bersama-sama, agar masyarakat tidak khawatir lagi menghadapi banjir pasir, ” ujarnya.
Disatu sisi katanya terjadinya banjir pasir tidak selamanya memberikan dampak negatif namun justru dapat memberikan penghasilan tambahan.
”Pasir yang didapat secara cuma-cuma ini, jika kita manfaatkan dengan membuat Batako atau ditampung kemudian dijual akan menghasilkan keuntungan bagi warga,” pungkasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading