Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Bitung Keberatan Subsidi MT Dicabut

Aldy Monareh   |   9 November 2011 – 19:03 WITA

Bitung, MTC – Pencabutan subsidi minyak tanah (MT) yang direncanakan pemerintah akan dicabut pada Desember 2011 mendatang, mendapat penolakan sejumlah elemen masyarakat. Pasalnya mereka menilai pencabutan subsidi ini akan sangat merugikan terutama Nelayan, pelaku usaha Catering serta usaha transportasi laut yang sangat bergantung pada Minyak Tanah.
Ina Lera contohnya, Ibu Rumah Tangga (IRT) asal Aertembaga yang menyatakan bahwa dirinya sangat keberatan dengan pencabutan subsidi MT yang akan dilakukan pemerintah, sebab menurutnya pencabutan subsisdi hanya akan menyulitkan keluarga, apalagi akan memasuki hari raya Natal dan Tahun Baru .
“Saya harap pemerintah mengkaji kembali pencabutan subsid, karena yang pasti akan menyulitkan kami sebagai warga kecil,” keluhnya.
Senada Himpunan Pengusaha Kecil Nelayan (Hipken) Kota Bitung, Jefry Sagune, juga mengakui sangat keberatan dengan keputusan pemerintah yang akan menarik subsidi meskipun tujuannya untuk konversi minyak ke gas.Sebab menurutnya pencabutan subsidi MT akan berdampak buruk bagi para nelayan di Kota Bitung.
“Jika nelayan akan membeli MT non subsidi seharga Rp 9050, ini tidak akan seimbang dengan biaya operasional ketika akan melaut. Karena itu diharapkan pemerintah memberikan kebijakan kompensasi harga bagi para nelayan, agar hasil tangkapan bukan hanya untuk biaya pembelian MT, “ tandasnya.
Sementara itu Timotius Kristanto, Sales Representatif Retail Pertamina wilayah II Manado, ketika berkunjung ke Kota Bitung beberapa waktu lalu, menjelaskan bahwa solusi terbaik persoalan ini, Pemerintah Kota Bitung haruslah memberitahukan langsung pada Badan Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas bumi (BPMIGAS).
“Penarikan subsidi bukanklah kewenangan Pertamina, namun BPMIGAS. Dan langkah Pemkot Bitung akan sangat bijak dengan menyurat BPMIGAS, sebab keputusan dilakukan pencabutan atau penundaan subsidi berada pada BPMIGAS,” jelasnya. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading