Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung

Warga Bitung Kembali Persoalkan Kelangkaan MT Bersubsidi

Aldy Monareh   |   2 Maret 2012 – 09:38 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Minyak Tanah (MT) Bersubsidi belakangan ini kembali dipersoalkan warga karena sangat sulit didapat. Pasalnya MT bersubsidi yang penyalurannya kini telah dialihkan ke pemerintah Kelurahan dari sebelumnya melalui Pangkalan MT diduga warga dipermainkan oleh oknum tertentu.
”Kami menduga MT bersubsidi ini telah dimanfaatkan oleh oknum tertentu, yang sengaja mengambil keuntungan dengan menjual ke tingkat pengecer,” ujar Jandry warga Girian yang mengaku sering tidak kebagian jatah MT bersubsidi di Kelurahannya.
Ironisnya kata Yandry, pada tingkat pengecer di Pasar tradisional MT sangat mudah didapatkan. Bahkan Ia menduga MT yang dijual di Pasar oleh pengecer adalah MT Bersubsidi.
Alasannya banyak pengecer di Pasar Tradisioanal yang menjual MT dibawah harga Industri yang per liternya Rp 9.300.
”Kan, tidak mungkin pengecer membeli MT dengan harga industri yang per liter Rp 9.300, kemudian menjual dengan harga Rp 7.500 hingga Rp 8.000. Sebab yang pasti pengecer tidak mungkin mau rugi dengan menjual dibawah harga beli,” ujarnya.
Dan dengan dasar inilah Yandry berasumsi bahwa kemungkinan sebagian besar MT yang dijual oleh pengecer di Pasar tradisional adalah MT Bersubsidi. Hal ini dikarenakan banyak pengecer di Pasar Tradisional, yang ditemui menjual harga per liter Rp 7500 hingga Rp 8000, justru dibawah harga Industri.
”Ini yang seharusnya ditindaklanjuti, jangan-jangan MT Bersubsidi yang diperuntukan bagi warga, justru dimanfaatkan oleh oknum yang hanyaingin meraup keuntungan pribadi, sementara masyarakat yang dirugikan,” ujarnya.
Senada Anggota Komisi A DPRD Kota Bitung Wellem Wuwungan, juga menyatakan hal yang sama. Ia juga menduga MT yang dijual di Pasar tradisional adalah MT Bersubsidi.
”Saya curiga praktek ini sudah lama, dan menduga ada oknum yang sengaja menjual MT bersubsidi pada pengecer,” ujarnya sembari meminta Pemkot Bitung menyikapi hal ini, agar penyaluran MT Bersudsidi merata dan dirasakan seluruh masyarakat, sebelum kuotanya ditarik seluruhnya oleh pemerintah melalui pihak Pertamina. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading