Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Desak Pemkab Minahasa Selatan Percepat Izin WPR

David Masengi   |   14 Maret 2012 – 19:25 WITA

Amurang, (manadotoday.com) – Sejumlah elemen masyarakat Minahasa Selatan (Minsel) mendesak Pemkab Minsel mempercepat penerbitan izin Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) yang ada di Desa Tokin dan Picuan Lama Kecamatan Motoling Timur.
Alasannya, beberapa hari lalu pada pertemuan warga ke dua desa yang difasilitasi Polres Minsel, Kadis Pertambangan berjanji akan membantu penerbitan WPR.
Hal serupa juga dilontarkan oleh bupati pada sosialisasi DPD RI Komite I, dimana Pemkab akan berupaya memberikan izin karena telah mendapat dukungan luas di kalangan masyarakat.
“Harusnya apa yang dijanjikan secepatnya ditindaklanjuti, Karena ini merupakan kebijakan dari Ibu Tetty Paruntu agar segera di terbitkannya WPR di wilayah pertambangan tersebut. Apalagi jika telah ada WPR secara otomatis PETI sudah tidak ada lagi,” ujar Hezky Liando Warga Minsel kepada manadotoday Rabu (14/3/2012) siang tadi.
Sementara itu Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Pemkab Minsel Pengky Terok saat dikonfirmasi mengatakan bahwa, usulan WPR telah diakomodir oleh pemkab dengan diajukannya Ranperda tentang WPR ke legislatif.
Namun warga diminta bersabar, karena Ranperda harus dibahas dulu pada tingkat pansus setelah itu diparipurnakan.
“Diajukannya Ranperda WPR merupakan ‘good will’ dari pemkab menjawab kerinduan warga, terutama di Picuan dan Tokin. Dengan bakal terbitnya perda WPR, tentu dapat membantu masyarakat mencari nafkah di sektor pertambangan secara legal,” tutup Terok.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading