Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Pemerintahan

Warga Dihimbau Waspadai Penyebaran Virus Flu Burung

Staff Manado Today   |   13 April 2011 – 22:33 WITA

Manado Today – Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) mengimbau warga melaporkan jika ada seseorang yang diduga (suspect) flu burung terjadi di daerah itu, seiring dengan indikasi virus H5N1 sudah ditemukan di Kota Kotamobagu.“Indikasi manusia terkena virus mematikan itu, seperti demam tinggi, batuk dan sebagainya. Jika ada segera laporkan kepada pemerintah daerah guna mendapat perawatan intensif,” kata Kepala Bidang Penanggulangan Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Jemmy Lampus, di Manado, Rabu.

Gejala sakit seperti menderita ISPA, timbulnya demam tinggi (> 38 derajat Celcius), sakit tenggorokan yang tiba-tiba, batuk, mengeluarkan ingus, nyeri otot, sakit kepala, lemas mendadak.

Kemudian timbulnya radang paru-paru (pneumonia) yang bila tidak mendapatkan penanganan tepat dapat menyebabkan kematian.

“Kami berharap memang virus itu tidak sampai ke manusia. Karena jika sudah bermutasi melalui kotoran atau lendir ayam, tentunya efek bahayanya tinggi,” ujarnya.

Lampus juga mengharapkan kepada warga untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan, terutama kandang-kandang ternak ayam, sehingga pencegahan penyebaran virus tersebut diminimalisir.

Sementara itu, adanya kekhawatiran warga untuk mengkonsumsi ikan ayam setelah adanya dugaan virus H5N1 merebak di Kota Kotamobagu, langsung ditanggapi pihak pemerintah.

“JIka ikan ayam itu dimasak diatas 70 atau 80 derajat celsius, secara otomatis virus avian influenza mati dengan sendirinya,” jelasnya.

Anggota DPRD Sulut Felly Runtuwene mengharapkan adanya pengawasan ketat pasokan ternak unggas dari Gorontalo ke Sulut, terutama di wilayah perbatasan.

“Karena daerah itu sudah positif ada virus itu, sebaiknya pasokan unggas dijaga ketat dengan meminta dokumen kesehatan ternak dari instansi terkait,” tandasnya.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading