Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Berita Pilihan, Headline, Manado

Warga Diminta tak Bangun Jamban di DAS Tondano

Aldi Mawitjere   |   27 September 2011 – 20:39 WITA

Manado Today —  Menyusul salah satu item penilaian untuk Adipura kategori kota besar, adalah kualitas air, maka kebersihan sungai dan air laut menjadi salah satu penilaian. Untuk itu, diharapkan agar warga Manado jangan membangun jamban di tepi Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano.

Julises Ohlers

Julises Oehlers SH

“Kami harapkan, warga Manado tak membangun jamban di sepanjang DAS Tondano,” kata Kepala Badan Lingkungan hidup (BLH) Manado, Drs Joshua Pangkerego dan diaminkan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (Disbertam) Manado, Julises Oehlers SH

Ironisnya, dari pantauan manadotoday, masih banyak jamban yang ternyata berada di tepi sungai DAS Tondano. Bukan hanya itu, tumpukan sampah juga masih terlihat menumpuk di tepi sungai. Sehingga, BLH dan Disbertam melakukan pemantauan langsung di DAS Tondano.

“Ini menjadi pekerjaan berat bagi kami. Karena masih banyak warga yang belum sadar akan pentingnya kebersihan sungai. Karena masih banyak sampah yang ada di tepi sungai, serta adanya WC yang berjejer. Kita harus lebih giat turun dilapangan untuk memberikan sosialisasi,” terang Oehlers.

Selain itu kata Oehlers, masih ada warga yang beternak hewan seperti kuda di pinggir sungai, akibatnya, kotoran kuda pun langsung dialiri ke sungai.

Diimbau keduanya, agar aparat pemerintah yang mempunyai wilayah di DAS Tondano untuk terus bersosialisasi.

“Pekan depan kita akan mulai aksi sosialisasi ke warga yang tinggal di bibir sungai, yang nantinya diteruskan dengan aksi bersih-bersih. Kita akan sisir sungai DAS Tondano,” ujar keduanya mantap. (ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading