Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Bitung, Headline

Warga Duduki 98 Hektar Lahan KEK di Tanjung Merah

Aldy Monareh   |   17 Maret 2012 – 16:44 WITA

Bitung, (manadotoday.com) – Ratusan warga Bitung, kini menduduki 98 hektar lahan milik Negara (Erphacht) di Kelurahan Tanjung Merah Kecamatan Matuari,  yang rencananya akan dijadikan lokasi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).
”Kami menuntut janji pemerintah kota, yang menyatakan akan memberi kapling sebagai tempat tinggal warga. Lebih khusus mereka yang tidak memiliki tempat tinggal,” ujar Rudolf Wantah salah satu warga.
Alasan mereka menduduki lahan tersebut kata Wantah dikarenakan pada waktu pemerintahan Milton Kansil, lahan tersebut dijanjikan akan diberikan kepada warga, apa terlebih warga kurang mampu.
”Kami akan terus menempati lahan ini hingga ada kejelasan dari pemerintah,” ujar Wantah dibenarkan warga lainnya yang mengakui sudah sehak pekan lalu menduduki lahan milik negara ini.
Sementara itu menyikapi tuntutan warga Walikota Bitung Hanny Sondakh, mengungkapkan bahwa pemerintah kota sebenarnya berkeinginan tanah milik Negara itu akan diberikan kepada warga apa terlebih mereka yang kurang mampu. Namun kata Sondakh upaya pemerintah kota tidak direstui pemerintah pusat karena menyalahi aturan.
”Kami telah upayakan namun pemerintah pusat tidak mengijinkan tanah tersebut dialihkan kepemilikannya,” ujar Sondakh.
Sondakh pun mengingatkan agar warga tidak akan terpengaruh dengan ajakan oknum yang hanya mengambil keuntungan dari situasi ini, yang ditenggarai hanya akan  menghambat Bitung ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) apalagi kelurahan Tanjung Merah adalah lokasi KEK.
”Saya berharap warga arif dan bijaksana menyikapi hal ini apalagi Bitung pada Mei mendatang akan ditetapkan sebagai KEK, yang imbasnya sangat baik bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat,” harap Sondakh. (lou)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading