Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Headline, Minahasa Tenggara

Warga Keluhkan Lokasi TPA Wawali

Redaksi Manado Today   |   27 Januari 2011 – 10:34 WITA

Ratahan Today-Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Kota Ratahan di lokasi jalan pekuburan Pasan Wawali saat ini kondisinya sangat tidak layak dan mengganggu aktivitas warga, akibat bau yang menyengat akibat sampah yang dibiarkan teronggok di pinggir jalan.

Keluhan ini muncul, ketika warga hendak menuju ke perkebunan dan menemui sampah berserakan di jalan yang rusak parah akibat kinerja petugas kebersihan yang asal-asalan.

Pantauan manadotoday di lokasi TPA, memang menujukan kurang profesionalnya para petugas yang membuang sampah,saat berada dilokasi ternyata juga alat yang digunakan untuk mengakut sampah tinggal kendaraan roda tiga,sebab untuk kendaraan Truk sangat sulit untuk mencapai lokasi TPA sebab buruknya jalan menuju TPA.
Lucky Kaihatu,warga Tousuraya yang kebetulan ada dilokasi TPA mengatakan, TPA ini sudah tak layak lagi sebab dikhawatrikan dapat menebarkan bibit penyakit bagi warga yang melewati lokasi TPA. “Ini harus segera dicarikan solusi, sebelum masyarakat terkena imbas yang merugikan,” kata Kaihatu.

Selanjutnya Decky Powa warga Pasan mengatakan”masyarakat sekitar TPA mengharapkan Pemkab Mitra dapat segera memasukan sampah-sampah tersebut ke jurang dan lobang yang memang ada dilokasi, sebab menurut Powa jika terus dibiarkan maka pasti ada warga yang terserang berbagai Penyakit akibat terbaran sampah tersebut. “Seharusnya sampah dibuang ke tempatnya, bukan dibiarkan bertebaran di jalanan,” kata Powa

Sekda Mitra Drs Fredy Lendo yang juga kebetulan menerima keluhan warga tersebut,langsung menugaskan Dinas PU dan SDA mitra untuk segera menggunakan alat berat dalam mengerjakan penimbunan sampah,sampai masukan kedalam Lobang,dan mengerjakan pekerjaan jalan masuk lokasi TPA tersebut.

“Lokasi TPA setiap hari digunakan, sehingga harus mendapat perhatian serius instansi terkait,” tegas Lendo.

Iornisnya, Kepala Badan Pertamanan Lingkungan Hidup (BPLH) Ir Hanny Roring saat hendak ditemui dikantornya,ternyata sedang tugas luar daerah.(veL)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading