Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Minahasa Selatan

Warga Kritik Sondakh

Redaksi Manado Today   |   13 Desember 2010 – 09:14 WITA

Minsel Today- Warga mendesak agar Bupati Drs MM Onibala mengganti kepala Badan Penangulangan Bencana (BPB) Minahasa Selatan, Handry Sondakh.

Pasalnya, Sondakh dinilai sangat lamban dalam menangani peristiwa bencana longsor dan banjir yang terjadi disejumlah titik di wilayah di Minsel.
Ironisnya, Sondakh diduga  lebih mementingkan dirinya sendiri dan sering mengurus tender proyek berbandrol sekitar Rp9 miliar di instansi yang dipimpinnya tersebut ketimbang menangani masalah bencana alam.

“Kami warga meminta kepada Pak Bupati agar segera mengganti Kaban BPB. Sebab yang bersangkutan, tidak pro aktif dalam melakukan penanganan bencana alam. Buktinya, hingga kini sisa longsor di wilayah Minsel termasuk di Desa Kapoya tak kunjung dibersihkan. Begitupula longsor yang terjadi di jalan Munte-Maruasey yang sempat memacetkan lalulintas hampir 5 jam,”ujar pemerhati Pemerintahan Robby Takepente, manadotoday Minggu (12/12/2010).
Bupati MM onibala masih memiliki kewenangan untuk melakukan roling sebelum pelantikan calon bupati dan wakil bupati Minsel, Christiany Eugenia Paruntu – Drs Sonny Tandayu, yang sedianya akan digelar Selasa (14/12/2010).

“Kalau memang waktu sudah tak memungkinkan lagi, kami minta Bupati yang baru mengganti kaban BPB tersebut. Karena musim penghujan seperti ini rawan sekali terhadap ancaman bencanna. Dan itu diperlukan seorang figur kaban BPB yang proaktif dan cekatan dalam melakukan penanganan bencana,” tutur Takapente
Sementara itu Onibala sendiri ketika dikonfirmasi menyatakan bahwa proses evaluasi terhadap pejabat masih terus jalan hingga jabatannya sebagai Penjabat Bupati berakhir. “Sejauh ini, pemerintah selalu proaktif akan bencana yang terjadi di Minsel. Itupun kalau ada masukan-masukan seperti ini, tentu akan dipertimbangkan,”ujar Onibala.(dav)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading