Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan

Warga Manado Diajak Jadi Konsumen Cerdas

Staff Manado Today   |   20 Mei 2011 – 22:24 WITA

Manado Today – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sulawesi Utara (Sulut) mengajak masyarakat Kota Manado, Sulawesi Utara (Sulut) menjadi konsumen cerdas.

“Masyarakat Manado selama ini dikenal sangat konsumtif, menghadapi perkembangan perekonomian saat ini, maka sudah saatnya konsumen di daeerah ini lebih perhitungan dalam soal pengeluaran,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balai Pengaduan Transaksi Perdagangan Disperindag Sulut, Victor Daud di Manado, Jumat.Ada beberapa kriteria menjadi konsumen cerdas, yakni teliti sebelum membeli, perhatikan label dan masa kadaluwarsa, pastikan produk yang dibeli miliki tanda Standar Nasional Indonesia (SNI), dan yang tak kalah penting membeli sesuai kebutuhan bukan keinginan.

“Membeli sesuai kebutuhan merupakan hal yang sangat penting, karena justru sering terjadi selama ini membeli sesuai keinginan, akibatnya terjadi sikap boros,” kata Victor.

Berkembangnya pusat perdagangan di Kota Manado, kata Victor berpotensi membawa masyarakat pada sikap boros, tidak melihat apakah yang ingin dibeli dibutuhkan atau tidak, langsung dibeli.

“Kondisi seperti ini, secara perlahan harus dikikis, sikap hemat harus mulai dilatih mulai sekarang, dengan demikian maka masyarakat Manado menjadi masyarakat yang cerdas,” kata Victor.

Disperindag Sulut, kata Victor, akan terus memovitasi masyarakat daerah ini agar menjadi pembeli cerdas, dengan demikian maka diharapkan masyarakat hanya berbelanja sesuai kebutuhan rumah tangga saja.

Dengan meninggalkan sikap boros, kata Victor maka tingkat kesejahteraan masyarakat daerah ini diharapkan terus bertambah, dengan demikian mengurangi angka kemiskinan.(ann/jwt)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading