Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Ekonomi dan Keuangan, Manado

Warga Manado Dihimbau Waspadai Peredaran Upal

Staff Manado Today   |   5 Agustus 2011 – 07:58 WITA

Manado Today – Bank Indonesia(BI) Manado meminta masyarakat tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan uang palsu beredar di masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

“Sampai saat ini belum ada laporan temuan uang palsu di masyarakat, hanya saja harus tetap waspada dengan tetap meneliti secara seksama ketika menerima uang,” kata Pemimpin BI Manado, Ramlan Ginting di Manado.

Ramlan mengatakan, peningkatan transaksi perdagangan sering dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab dengan mengedarkan uang palsu, karena itu perlu tetap mewaspadainya.

“Selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri serta hari besar agama lainnya, diikuti peningkatan transaksi perdagangan, kondisi ini dijadikan peluang oleh oknum tidak bertanggung jawab, karena lakukan cara mudah dengan 3 D, diraba, dilihat dan diterawang,” kata Ramlan.

Sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat selama bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri, maka BI Manado melakukan langkah antisipatif dengan memasok uang rupiah dalam jumlah cukup banyak.

“Awal Juli 2011 lalu, BI mendatangkan uang rupiah sebanyak Rp1,1 triliun, jumlah tersebut sebagai antisipasi peningkatan kebutuhan uang tunai masyarakat Sulut dan Gorontalo,” kata Ramlan.

Uang tunai baru Rp1,1 triliun tersebut selain mengganti uang tidak layak digunakan atau lusuh, juga mengantisipasi bila terjadi kebutuhan dana masyarakat yang cenderung meningkat selama bulan suci Ramadhan dan menjelang Idul Fitri.

Pasokan uang tersebut, kata Ramlan sudah termasuk dengan pecahan kecil, baik logam maupun uang kartal, totalnya mencapai Rp352,4 miliar.

“Dana pecahan kecil tersebut mulai dari logam Rp50 hingga Rp200, Rp500 hingga Rp1000, maupun pecahan kertas Rp1.000 hingga Rp20.000, yang biasanya banyak dicari masyarakat saat rayakan Idul Fitri,” kata Ramlan.

Guna melayani penukaran uang tunai masyarakat, kata Ramlan, selain mengoptimalkan bank yang beroperasi di daerah ini beserta kantor jaringannya, juga menyiapkan loket kantor BI Manado di Jalan 17 Agustus Manado.(ann/jw)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading