Iklan Layanan Manado
Minahasa

Bitung

Minahasa Selatan

Minahasa Tenggara

Tomohon

Utama » Manado

Warga Manado kelabakan peroleh BBM

Aldi Mawitjere   |   2 Desember 2011 – 23:11 WITA

Pertamina Sebut Stok Aman Hingga Akhir Tahun
Manado, MTC -Warga Kota Manado kian kelabakan untuk memperoleh bahan bakar minyak (BBM), baik minyak tanah, premium maupun solar. Ini terbukti dengan kosongnya seluruh elemen distribusi BBM seperti SPBU dan pangkalan minyak tanah. Pelak lagi, tanggapan pedas pun terus mengalir kepada “pemegang kuasa” dalam penyaluran bahan bakar bersubsidi tersebut yakni PT Pertamina.
“Sangat disayangkan ketika memasuki Bulan Desember malah kondisi BBM menjadi seperti ini, padahal konsumsi dan kebutuhan masyarakat dipastikan meroket, karena adanya perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Pengamat Ekonomi Sulut, Albert Ch Moningka SE MSi, Jumat (2/11/2011). Dikatakan, tindakan penundaan pemotongan kuota penyaluran, seharusnya diambil PT Pertamina mengingat efek negatif yang akan terjadi.
“Walaupun ini adalah program nasional pemerintah, tetapi Pertamina harus melihat kondisi di masyarakat,” tukasnya.
Sementara itu, pihak PT Pertamina Manado menyatakan, akan menjaga suplai bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi agar tetap tercukupi hingga akhir tahun.
“Kami akan terus menjaga suplay BBM baik jenis solar dan premium bagi masyarakat Sulawesi Utara (Sulut) tercukupi hingga akhir Desember 2011 dan menjelang Tahun Baru, sebab Bulan Desember diperkirakan terjadi peningkatan permintaan BBM, karena itu Pertamina mengatur distribusinya sesuai kebutuhan saat ini,” kata Sales Area Manager BBM Retail Pertamina Manado, Irwansyah.
Menurutnya, posisi realisasi solar dan premium bersubsidi di Provinsi Sulut memang masih terjaga di bawah kuota yang ditetapkan dalam APBN perubahaan, tetapi pihaknya tidak boleh lengah. “Bulan Desember diperkirakan terjadi peningkatan kebutuhan masyarakat akan premium dan solar, karena itu dari sekarang kita atur supaya tidak melewati alokasi yang ditetapkan pemerintah selama setahun,” katanya.
Dijelaskan, pagu BBM bersubsidi untuk Sulut selama tahun 2011 berdasarkan penetapan dalam APBN Perubahan (APBNP) adalah premium 272.640 kiloliter (Kl) sementara solar 84.234 Kl, sementara realisasi hingga akhir Oktober 2011, premium sebanyak 227.200 Kl dan solar 70.195 Kl.
“Kami akan menjaga dan mempertahankan realisasi BBM bersubsidi tersalur ke masyarakat tidak melampuai target alokasi yang ditetapkan dalam APBNP tersebut. Pertamina hanya sebagai operator, karena itu harus menyalurkan maksimum sesuai dengan penetapan pemerintah, karena itu akan menjaga dalam satu bulan terakhir ini pasokannya masih sesuai alokasi yang tersisa,” pungkasnya.(ald)

Share Berita Ini ke : Facebook | Twitter | Digg


Komentar yang dikirimkan melalui form di bawah ini menjadi tanggung jawab pengirim| Manado Today berhak untuk memuat , tidak memuat, mengedit, dan/atau menghapus data/informasi yang disampaikan oleh pembaca.

Kirim Komentar

Add your comment below, or trackback from your own site. You can also subscribe to these comments via RSS.

Be nice. Keep it clean. Stay on topic. No spam.

You can use these tags:
<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

This is a Gravatar-enabled weblog. To get your own globally-recognized-avatar, please register at Gravatar.

Loading